Ini Trik 5 Jitu Hadapi Pemilu Buat Milenial

Bandung - Pemilihan Umum Presiden dan Legislatif 2019 tinggal menunggu hari nih. Sebagai kaum milenial, TemanBaik yang sudah berusia 17 tahun ditunggu banget loh kontribusi suaranya.

Tepat 17 April 2019, kita bakal memilih dua pasangan calon presiden dan wakil presiden serta calon legislatif dari 14 partai politik yang ada di Indonesia. Biar enggak bingung, komunitas milenial We The Youth berbagi tip dan jurus tepat menghadapi Pemilu. Ikuti yuk

Perluas Wawasan Tentang Pemilu
Untuk menentukan nasib Indonesia di masa depan, bagusnya TemanBaik jangan golput alias enggak nyoblos ya. Kalau belum paham soal Pemilu, baiknya kita perbanyak diskusi soal tatacara mencoblos pentingnya mengontribusikan hak suara kita.

Biar lebih santai, kita bisa bikin simulasi Pemilu, atau ngobrol seru di berbagai komunitas kecil dengan gaya yang lebih fancy dan enggak kaku. Misalnya sambil diselingi hiburan atau acara musik.

Kenali Paslon dan Caleg Pillihanmu
Istilahnya jangan beli kucing dalam karung ya TemanBaik. Sebelum mencoblos, kita boleh kok cari tau rekam jejak dan latarbelakang dari para paslon. Apalagi buat Pileg DPR RI, DPD RI dan DPRD Provinsi serta Kabupaten/Kota yang datang dari perseorangan. Kalau enggak kenal langsung sama Calegnya, kita bisa cari juga referensinya di internet atau bertanya di forum diskusi. Pastikan pilihan kita yang terbaik dan enggak asal coblos ya.

Persiapkan Persyaratan
Pastikan nama TemanBaik sudah terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang tercatat di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Kalau butuh kejelasan, bisa dilihat di www.kpu.go.id ya. Atau kalau belum terdaftar, gampang kok syaratnya cuma bawa E-KTP dan Kartu Keluarga saat datang ke TPS. Ketahui juga loh syarat ini berlaku buat Warga Negara Indonesia (WNI), sudah berusia 17 tahun atau sudah atau pernah menikah.

Luangkan Waktu Khusus di 17 April 2019
Kemungkinan enggak semua sekolah, kampus atau kantor yang mengikuti agenda libur saat pencoblosan. Nah alangkah baiknya kita mempersiapkan waktu khusus untuk datang ke TPS.

Prosesnya sebentar kok TemanBaik, cukup datang dan mengantre, menunggu dipanggil dan masuk bilik suara. Jangan lupa untuk menjaga Luber (Langsung Umum Bebas dan Rahasia). Pilihan kita, harus jadi rahasia kita sendiri ya jangan sampai dibocorkan ke siapapun.

Hargai Perbedaan Pilihan
Karena negara kita menjunjung tinggi demokrasi, TemanBaik wajib menghargai perbedaan. Kalau ada teman, saudara atau ortu kita yang beda pilihan jangan diperdebatkan ya. Kita boleh sama - sama mendukung siapapun pilihan tanpa harus saling membenci. Hargai keberagaman ya.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler