Bandara Ngurah Rai Bakal Sediakan Angkutan Massal Bus

Denpasar - Melihat padatnya temuan Skytrak terkait angkutan massal bandara, Bandara Internasional Ngurah Rai akan mengaktifkan kembali angkutan massal bus. Hal tersebut disampaikan langsung oleh General Manager PT. Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Haruman Sulaksono, Rabu (20/3/2019).

"Kami akan mengaktifkan kembali kendaraan bus. Ukuran bus akan disesuaikan dengan keadaan bandara yang saat ini semakin crowded," ujar Haruman. Haruman menilai pengaktifan kembali transportasi ini dikarenakan di Bandara Ngurah Rai belum tersedia angkutan massal.

Sebagai bandara kelas dunia, menghadirkan transportasi umum berupa armada bus memang keharusan meski tidak menguntungkan. Sebelumnya Bandara Ngurah Rai telah menyediakan layanan transportasi umum berupa bus trans Sarbagita dan angkutan Damri. Bandara Ngurah Rai menjadi salah satu trayek yang dilintasi armada tersebut.

Namun, karena sepi penumpang dan tidak menguntungkan dari segi bisnis, layanan tersebut berhenti. Penumpang pun lebih memilih menggunakan taksi yang tersedia di bandara maupun transportasi online.

Baca Ini Juga Yuk: Punya Saran atau Keluhan Soal Bandara? Kontak Saja ke Sini

Seiring dengan peningkatan target penumpang, dia merasa Bandara Ngurah Rai memang harus menambah layanan transportasi masal. Jika target 24,7 juta penumpang pada 2019 terealisasi, kebutuhan akan transportasi umum otomatis menjadi meningkat.

Pihaknya menjelaskan rencana pengoperasian transportasi tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat, paling lambat akhir 2019. Bus gratis tersebut akan beroperasi pada jam-jam tertentu saja. Hal ini mengingat terdapat jam-jam tertentu yang krodit arus kendaraan roda empat keluar dan masuk Bandara Ngurah Rai.

“Nanti kami akan atur jadwal frekuensinya agar tidak terlalu sering sehingga tidak mengganggu arus kendaraan,” ujar Haruman. Pihaknya juga akan memberikan informasi berupa pengumuman mengenai jam-jam berapa dapat memanfaatkan transportasi ini.

Kehadiran moda transportasi bus ini menurut Haruman akan menambah pilihan penumpang dalam mencari alternatif transportasi di Bandara Ngurah Rai. Bahkan, dipastikan tidak akan merugikan pebisnis lain yang menawarkan jasa serupa di Bandara.

Armada pengumpan yang disediakan Angkasa Pura I akan diberikan secara gratis ke penumpang. Setidaknya sudah ada lima armada bus dengan kapasitas 25 kursi yang disediakan untuk mewujudkan hal tersebut.

Foto: Bali Airport

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler