Sudah Tahu Bedanya Air Permukaan, Air Tanah, dan Air Angkasa?

Bandung - TemanBaik, sudah tahu belum bahwa ada beberapa jenis air di bumi ini? Berdasarkan letak dan asalnya, secara umum air ini dibagi ke dalam tiga jenis loh. Tiga jenis air itu adalah air permukaan, air tanah, dan air angkasa. Yuk, kita cari tahu penjelasan dan perbedaannya!

1. Air Permukaan
Singkatnya, air permukaan merupakan air yang berada di atas permukaan tanah, baik dalam kondisi mengalur maupun diam. Air itu ada di atas tanah karena tidak mampu terserap. Itu karena lapisan tanahnya sangat rapat sehingga sulit ditembus air. Jika dikelompokkan lagi, air permukaan itu terbagi ke dalam tiga jenis, yaitu air sungai, air danau atau telaga, dan air laut.


2. Air Tanah
Nah, jenis air itu berbanding terbalik dengan air permukaan. Air tanah berada di dalam lapisan tanah dengan kedalam berbeda-beda. Biasanya, air tanah dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup manusia, misalnya diambil melalui sumur atau disedot menggunakan pipa dan berbagai peralatannya.

Jika dibagi lagi, air tanah dapat dikelompokkan ke dalam beberapa jenis. Ada air tanah freatik, air tanah dalam atau artesis, air tanah meteorit, air tanah magma, dan air konat atau sering juga disebut air purba.

Tapi, dari jenis-jenis air itu, masyarakat lebih banyak menggunakan air tanah freatik dan artesis. Sedangkan jenis air tanah lainnya tidak banyak digunakan untuk kebutuhan hidup manusia.

3. Air Angkasa
Apa sih air angkasa? Singkatnya, air angkasa adalah air yang jatuh ke bumi tapi berasal dari udara atau atmosfer. Air hujan ya? Itu salah satunya, TemanBaik. Tapi, selain air hujan, ternyata ada jenis air angkasa lainnya loh.

Pertama adalah air salju. Prinsipnya hampir sama dengan air hujan. Bedanya, air salju tidak berbentuk seperti air hujan, melainkan butiran es yang teksturnya lembut. Orang awam menyebutnya sebagai salju.

Berikutnya adalah air es. Ini juga sama dengan air hujan. Bedanya, air yang turun ke bumi berbentuk butiran es yang keras dan berukuran kecil, berbeda dengan salju yang lembut.

Foto ilustrasi Unsplash.com

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler