Para Bupati di Papua Kompak Bantu Korban Banjir Sentani

Bandung - TemanBaik tahu kan jika di Sentani, Kabupaten Jayapura, beberapa waktu lalu sempat terjadi banjir bandang? Korban dan berbagai kerusakan pun melanda kawasan itu.

Bencana itu ternyata membuat para bupati se-Papua tergerak loh, TemanBaik. Meski lokasi banjir bandang bukan kewenangan pemerintah daerahnya, tapi para bupati siap mengulurkan bantuan.

Seluruh bupati di Papua pun kompak dan sepakat akan mendonasikan uang dan bahan makanan. Hal itu diharapkan akan membantu para korban dan pemulihan pascabencana di sana.

Setiap bupati akan memberi bantuan berbeda dari alokasi APBD masing-masing daerah. Tapi, niat besarnya, semua siap bahu-membahu membangkitkan kembali Sentani, Kabupaten Jayapura.

"Tidak ada angka pasti untuk sebuah kabupaten. Yang utama dari hasil pertemuan disepakati para bupati akan menyumbang sesuai dengan kemampuan masing-masing wilayahnya," kata Bupati Yahukimo Abock Busup di laman resmi Pemprov Papua.

Ia mencontohkan Kabupten Mimika dan Puncak akan menyumbang masing-masing Rp1 miliar, Kabupaten Puncak Jaya menyumbang Rp250 juta, dan Kabupaten Yahukimo menyumbang Rp 200 juta.

"Intinya sumbangan ini diharapkan bisa membantu mereka," ucap Abock.

Sumbangan dari masing-masing bupati itu nantinya akan disalurkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Sosial. Harapannya, segala hal yang dibutuhkan pasca banjir bandang itu akan bisa tertanggulangi.

Sementara itu, secara khusus Pemprov Papua sudah menggelontorkan Rp5 miliar untuk membantu para korban. Selain berupa uang, bantuan makanan dan kebutuhan lainnya juga sudah diberikan bagi para pengungsi. Ke depan, recananya Dinas Sosial Papua juga akan memberikan santunan Rp15 juta kepada masing-masing ahli waris korban meninggal dunia.

Foto: Bupati Yahukimo Abock Busup (dokumentasi Pemprov Papua)

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler