Keren! Siswa SMP di Bandung Kompak Deklarasikan UN Jujur

Bandung - Para siswa tingkat SMP di Kota Bandung hari ini, melakukan Deklarasi Ujian Nasional (UN) Jujur nih, TemanBaik! Kegiatan itu digelar di SMP Harapan Kasih, Kota Bandung, Selasa (26/3/2019).

Dalam deklarasi itu, beberapa perwakilan siswa naik ke atas panggung. Mereka membacakan deklarasi agar pelaksanaan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) dan UN dilakukan dengan jujur. Pembacaan itu pun diikuti siswa lain.

Bukan hanya siswa, para kepala sekolah, guru, polisi, serta berbagai pihak lainnya juga ikut dalam deklarasi itu. Semuanya sepakat menjadikan USBN dan UN tidak diwarnai kecurangan serta kebohongan.

Selain deklarasi, para siswa dan yang hadir di lokasi juga menandatangani poster deklarasi. Selanjutnya, siswa menyanyikan yel-yel untuk menegaskan mereka siap menghadapi USBN dan UN dengan jujur.

Baca Ini Juga Yuk: Inovatif! Siswa SMAN 9 Bandung Ujian Pakai Gawai

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan ada makna tersendiri dibalik deklarasi tersebut. Kejujuran jadi pondasi penting dalam dunia pendidikan.

"Deklarasi ini diharapkan bisa mengingatkan kembali betapa pentingnya kejujuran, terutama dalam menyelenggaakan pendidikan untuk membentuk generasi-generasi andalan masa depan bangsa Indonesia," kata Yana.

Secara khusus, ia ingin agar para siswa di Kota Bandung tidak hanya cerdas. Tapi, ia ingin para siswa memiliki keunggulan lain.

"Alangkah indahnya jika peningkatan kualitas pendidikan dimulai dengan kejujuran dalam penyelenggaraannya. Tujuannya agar outputnya benar-benar menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, berdaya saing, dan berbudi pekerti," tuturnya.

"Sehingga warga Kota Bandung tidak hanya pintar secara intelektual, tapi juga cerdas secara sosial, emosional, dan spiritual," jelas Yana.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Hikmat Ginanjar mengatakan pelaksanaan USBN tingkat SMP akan berlangsung 1-9 April. Sedangkan UN digelar pada 22-25 April.

Tahun ini, total ada 249 SMP dan sederajat di Kota Bandung yang menggelar USBN dan UN. Total siswa yang jadi pesertanya mencapai 34.880 orang. Berbagai sarana dan prasarana pun sudah siap.

"Secara keseluruhan sudah siap. Sekolah sudah menyiapkan dengan sedemikian rupa. Karena kita pun sudah jauh-jauh hari mempersiapkan dan mengonsolidasikan dengan pihak sekolah," ucap Hikmat.

Nah, TemanBaik yang akan mengikuti USBN dan UN pada April mendatang, yuk laksanakan dengan jujur. Hasil yang didapatkan tentu akan lebih puas kan jika kamu melaksanakan USBN dan UN dengan penuh kejujuran. Masih ada waktu kan untuk belajar agar hasil ujian kamu membanggakan!

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler