Gerakan Earth Hour Ajak Kamu Hemat Energi dengan Cara Seru

Bandung - TemanBaik, tahu enggak jika Sabtu (30/3/2019) akan ada Gerakan Earth Hour. Melalui gerakan itu, kita diajak untuk mematikan lampu dan elektronik selama satu jam pada pukul 20.30-21.30 WIB.

Ikutan gerakan itu yuk, TemanBaik! Jangan salah kaprah dulu. Gerakan itu tidak berarti mematikan semua lampu dan elektronik di rumah atau bangunan. Yang dimatikan cuma lampu atau elektronik yang tidak terpakai. Misalnya lampu di kamar mandi, matiin deh kalau memang kamu tidak sedang di kamar mandi.

Contoh lain, jika punya dispenser, cabut deh kabelna. Jika butuh air panas dari dispenser, baru nyalakan saat kamu butuh saja. Elektronik lainnya juga sebaiknya dimatikan, misalnya televisi dan telepon genggam. Minimal, dalam satu jam itu kamu akan punya waktu berkualitas untuk bercengkrama, berbincang, atau aktivitas lain bersama keluarga.

Gerakan mematikan lampu dan elektronik itu sebenarnya hanya simbol loh, TemanBaik, Ada tujuan besar yang ingin dicapai dari kampanye tersebut. "Tujuannya adalah membangun kesadaran tentang perubahan iklim dan bagaimana caranya kita harus melakukan penghematan energi untuk mengurangi laju perubahan iklim tersebut," kata Manajer Komunikasi WWF Indonesia Dewi Satriani di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (28/3/2019).

Dengan Gerakan Earth Hour, publik diharapkan sadar untuk menjalankan gaya hidup ramah lingkungan. Di saat yang sama, pemerintah diharapkan semakin menggencarkan program agar masyarakat menjadi semakin ramah terhadap lingkungan.

Enggak ribet kok. Gaya hidup ramah lingkungan bisa dilakukan dari hal-hal sederhana. Membawa tempat makan atau minum sendiri untuk mengurangi sampah plastik dan sampah lainnya. Bawa tas belanja sendiri daripada menggunakan kantong plastik dari tempat kamu belanja. Tidak buang sampah sembarangan juga bagian dari gaya hidup ramah lingkungan kok TemanBaik.

"Sebetulnya mematikan (lampu dan elektronik) itu hanya simbol. Setelah itu, jadikanlah ramah lingkungan sebagai gaya hidup," jelas Dewi.

Sementara itu, gerakan Earth Hour tingkat Jawa Barat akan dipusatkan di Kota Bandung pada sabtu nanti. Kegiatan akan digelar di Trans Studio Bandung dan dihadiri salah satunya oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler