Keren! Ulama di Jabar Bakal Jago Bahasa Inggris Nih

Bandung - Para ulama di Jawa Barat akan memiliki kemampuan istimewa loh, TemanBaik. Mereka bakal dibekali kemampuan bahasa Inggris lewat program English for Ulama. Secara resmi, pelatihan itu dibuka hari ini di Gedung Sate, Kota Bandung. Total, ada sekitar 40 ulama yang mengikuti pelatihan di tahap pertama tersebut. 

Enggak sembarangan ulama loh yang bisa ikut program itu. Ada beragam seleksi ketat agar mereka bisa jadi peserta. Beberapa penilaiannya adalah memiliki jiwa kepemimpinan, berasal dari pesantren, serta memiliki kemampuan dasar bahasa Inggris agar lebih mudah saat menjalani pelatihan. 


Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan para ulama itu rata-rata menguasai bahasa Arab. Tapi, kemampuan bahasa Inggris mereka minim. Kenapa sih mereka perlu bisa berbahasa Inggris dengan baik? Tujuan besarnya, Pemprov Jawa Barat ingin 'mencetak' ulama untuk menyebarkan syiar Islam di luar negeri. 

"Dengan ditambah kemampuan bahasa Inggris ini supaya mereka mampu berkomunikasi dengan yang lain, wilayah (negara) yang lain. Bukan hanya satu kelompok di Indonesia saja atau di pesantren saja," ujar Uu. 

Setelah mahir berbahasa Inggris melalui pelatihan beberapa tahap itu, para ulama itu akan dikirim ke luar negeri. Mereka akan membawa berbagai pesan kepada orang-orang asing di negara tujuan. 

"Antara lain yang disampaikan adalahtentang kedamaian agama (Islam), tentang situasi Jabar," ungkap Uu. 

Dengan cara itu, para ulama diharapkan mampu menyebarkan syiar Islam secara luas. Di saat yang sama, mereka juga bisa jadi perantara kepada warga asing untuk mengenalkan Jawa Barat dengan segala keindahan, kenyamanan, dan kedamaiannya. 

Uu mengatakan, program pelatihan akan berlangsung beberapa tahap. Setelah kelompok pertama selesai mengikuti pelatihan, akan ada ulama lain yang jadi peserta pelatihan.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler