Indonesia Jadi Negara ke-6 Produksi Film Lokal Terbanyak di Dunia

Bandung - Sehari menjelang Hari Film Nasional (HFN) 30 Maret 2019, ada kabar baik nih, Indonesia baru saja diklaim sebagai negara keennam yang produksi film lokalnya terbanyak. Bangga!

Ketua Badan Perfilman Indonesia (BPI) sekaligus produser Star Vision Chand Parwez Zervia mengatakan, hingga Februari 2019 ini saja jumlah film Indonesia yang tayang di bioskop marketshare-nya mencapai 58 persen loh. Artinya, film karya anak bangsa lebih mendominasi industri perfilman nih.

"Suatu pencapaian yang membanggakan, karena di Februari ini marketshare film Indonesia mencapai puncak tertingginya. Kita patut bangga karena orang-orang semakin mencintai perfilman nasional," ujar Chand Parwez saat dijumpai belum lama ini di Bandung.

Ia menceritakan, tren meningkatnya jumlah fillm yang dipertontonkan di bioskop, enggak luput juga dari semakin bertambahnya gedung bioskop di berbagai kota hingga pelosok. Di sisi lain, promosi film Indonesia juga kian mudah dengan dukungan sarana digital dan media sosial.

Baca Ini Juga Yuk: Film Soal Kekerasan Terhadap Perempuan Ini Bakal Ada di Bioskop

"Kalau melihat tren sih peningkatan ini juga terdongkrak dengan hadirnya beberapa film Indonesia yang masuk Box Office. Misalnya film remaja seperti 'Dilan 1991', 'Warkop DKI Reborn', 'Pengabdi Setan' dan masih banyak lagi. Saya berharap prestasi ini bisa semakin mengangkat martabat para pelaku di industri film," katanya.

Parwez juga berharap nih TemanBaik, para sineas muda bisa lebih kreatif mengolah film yang ikonik dan mengangkat kearifan lokal. Menurutnya, etnik dan budaya Indonesia menjadi materi yang keren loh untuk dieksplor ke dalam karya sinema. Bayangkan, dari Sabang Sampai Merauke saja tercatat ada lebih dari 7.000 jenis bahasa daerah.

"Kita pengin mengajak generasi muda untuk menggali lagi film dengan tema ikonik daerah. Bagi saya film ikonik itu disukai masyarakat, karena saat saya bikin film. 'Si Kabayan Saba Kota' juga ternyata sukses menarik perhatian," pungkasnya.


Foto: Dini Yustiani

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler