5 Fakta Menarik Seputar Surat Suara Pemilu 2019

Bandung - Sebentar lagi warga Indonesia bakal melakukan pemilihan presiden dan wakil presiden serentak, tepatnya 17 April 2019. Menyambut pesta demokrasi yang tinggal beberapa minggu lagi, berikut BeritaBaik sajikan lima fakta menarik seputar pemilu 2019. Simak penjelasannya yuk!

Bahan dan Bentuk Surat Pemilu
Surat suara pemilu 2019 memiliki bentuk empat persegi panjang, dengan posisi vertikal atau horizontal. Surat suara dibuat dari bahan kertas HVS 80 gram, berbentuk lembaran empat persegi panjang, dan vertikal terdiri dari dua bagian, yakni luar dan bagian dalam.

Desain Surat Pemilu
Desain dan ketentuan telah diatur dalam Keputusan KPU Nomor 1944/PL.02-Kpt/01/KPU/XII/2018. Ada 1 desain surat suara Pilpres, 1 desain surat suara Pileg DPR, 9 desain surat suara Pileg DPD, 2 desain surat suara Pileg DPRD Provinsi, 2 desain surat suara DPRD Kabupaten/Kota.

Baca Ini Juga Yuk: Yuk! Kenali Lima Jenis dan Warna Surat Suara Pemilu 2019

Warna Surat Suara
Terdapat lima kertas suara untuk pemilu 2019, warna abu-abu untuk memilih presiden dan wakil presiden. Warna kuning untuk memilih anggota DPR, merah untuk memilih anggota DPD RI. Ada juga warna biru, yaitu kertas suara untuk memilih anggota DPRD Provinsi dan kertas suara berwarna hijau untuk memilih DPRD kota dan kabupaten. Ada yang menarik loh dari warna putih kertas suara pemilu tahun 2019 ini. Mungkin enggak banyak yang tahu kalau surat suara berwarna putih dibuat dari bahan bubur kertas atau daur ulang loh.

Dilengkapi Pengaman
Surat suara pemilu 2019 diberi pengaman khusus dengan tanda khusus berupa mikroteks dengan huruf tenggelam. Mikroteks adalah tulisan kecil yang biasanya terdapat dalam uang. Hal ini dilakukan untuk mengantispasi pemalsuan surat suara.

Ukuran
Dari segi ukuran, terdapat perbedaan dikarenakan jumlah kandidat yang tercetak di surat suara. Untuk surat suara calon presiden dan wakil presiden ukurannya lebih kecil yakni hanya 25x30 sentimeter. Sedangkan untuk surat suara calon anggota legislatif secara umum berukuran 51x82 sentimeter, baik untuk DPRD kabupaten/kota, DPRD provinsi, maupun DPR RI.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler