Segera Rampung, Begini Wajah Baru Kota Lama Semarang

Semarang - Kawasan Kota Lama Semarang di Kota Semarang akan segera jadi lebih cantik nih, TemanBaik. Proses penataannya segera rampung.

Proyek penataannya dilakukan sejak 2017 lalu dan ditargetkan rampung April ini. Total anggaran yang digelontorkan pun cukup besar loh, yaitu mencapai Rp183 miliar dari anggaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Progresnya saya kira bagus, sudah 80 persen lebih dan akan selesai pada akhir April 2019. Penataan dilakukan agar kawasan lebih tertata, nyaman, dan bisa menjadi tujuan wisata," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di laman resmi Kementerian PUPR.

Dengan wajah baru Kota Lama Semarang, wisatawan diharapkan semakin banyak yang berdatangan. Sehingga, pariwisata dan ekonomi Semarang akan lebih bergeliat. Sebab, selama ini wisatawan yang datang ke Semarang lebih banyak pada akhirnya memilih ke Candi Borobudur dan Pulau Karimun Jawa.

Baca Ini Juga Yuk: Keren! Semarang Punya Tempat Sampah yang Bisa Bicara

Kawasan Kota Lama Semarang sendiri selama ini dikenal punya banyak bangunan bersejarah dengan arsitektur bergaya Eropa. Di zaman Hindia-Belanda, kawasan itu merupakan pusat kegiatan perekonomian.

Selain mempercantik bangunan yang ada, di sana akan terdapat beragam fasilitas yang bakal bikin pengunjung nyaman. Mulai dari tempat duduk yang nyaman, tempat sampah, hingga hadirnya penerangan jalan dan trotoar cantik. Di sana juga ada perbaikan drainase hingga adanya dua kolam retensi.

"Kita tata dan kembangkan kawasan Kota Lama Semarang. Nantinya akan menjadi kawasan wisata yang bisa mewadahi berbagai kegiatan masyarakat, seperti car free day, festival kuliner, maupun event berbasis budaya," tutur Basuki.

Foto: Penataan Kota Lama Semarang (dokumentasi Kementerian PUPR)


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler