Ini 5 Faktor yang Menyebabkan Pemungutan Suara Ulang

Bandung - Semua pihak pasti menginginkan pemilihan umum berjalan dengan baik dan semestinya. Tapi, siapa yang tahu jika nanti bakal terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Ada beberapa faktor yang membuat Tempat Pemungutan Suara (TPS) harus melakukan pemungutan suara ulang.

Berikut ini 5 faktor yang membuat pemungutan suara ulang harus dilakukan:

Terjadi Bencana Alam
Apabila wilayah suatu TPS mengalami bencana alam, maka bukan tidak mungkin akan menyebabkan pemungutan suara ulang. Sebab bencana alam bisa saja membuat hasil pemungutan suara yang sudah dilakukan mengalami perubahan karena terjadinya bencana alam di kawasan TPS tersebut.

Kesalahan Distribusi Surat Suara
Apabila satu TPS mengalami kesalahan pendistribusian surat suara, maka mau tidak mau harus dilaksanakan pemungutan suara ulang. Katakanlah misalkan seharusnya TPS 9 mendapatkan 290 surat suara, tetapi yang diterima TPS 9 hanya 270 surat suara saja.

Hal seperti ini bisa saja terjadi, oleh karena itu sebelum hari pemilihan, petugas yang akan bertugas di TPS harus memeriksa kebutuhan pemilihan dengan cermat dan teliti.

Ada Kesalahan dalam Pemungutan Suara
Pemungutan suara ulang akan dilakukan jika petugas TPS tidak melakukan proses pemungutan suara dengan benar. Begitupun apabila petugas TPS tidak melakukan penghitungan suara tidak dilakukan berdasarkan ketentuan yang ditelah ditetapkan oleh KPU.

Petugas Meminta Memberikan Tanda Khusus
Bukan tidak mungkin ada petugas KPPS yang meminta pemilih di TPS ia bertugas untuk memberikan tanda khusus, seperti menandatanganinya, menuliskan nama, atau meminta memberikan tanda-tanda khusus lainnya terhadap surat suara yang sudah digunakan.

Jika hal itu terjadi, maka TPS tersebut harus melakukan pemungutan suara ulang. Sebab hal tersebut merupakan salah satu bentuk kecurangan.

Surat Suara Sengaja Dirusak
Apabila pemilih mendapati surat suara yang sudah digunakan dirusak oleh petugas di TPS, maka kamu harus melaporkannya. Sebab jika kamu telah mencoblos dengan benar, tapi petugas malah merusaknya akan membuat surat suara menjadi tidak sah karena rusak.


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler