Yuk Kenali Sejarah Tercetusnya Hari Bank Dunia

Bandung - TemanBaik sudah tahu belum kalau setiap tanggal 1 April diperingati sebagai Hari Bank Dunia? Kalau belum tahu, yuk kita kenali sejarahnya!

Berbicara tentang sejarah Bank Dunia, singkat cerita pada 1 April 1944 digelar sebuah konferensi bertajuk United Nations Monetary and Financial Conference di Bretton Woods, New Hampshire, Amerika Serikat. Pada konferensi tersebut dibentuklah sebuah badan yang akan bertanggung jawab dalam menangani masalah perekonomian dunia yaitu Bank Dunia.

Lalu, apa sih tugas utama Bank Dunia? Bank Dunia bertugas memberikan dana bantuan atau dana moneter kepada negara-negara yang memiliki masalah ekonomi.

Prancis merupakan negara pertama yang mendapatkan bantuan dari Bank Dunia ketika mengalami krisis moneter. Waktu itu Prancis menerima bantuan dana sebesar 250 juta dollar AS untuk membangun kembali infrastruktur di negaranya pasca perang.

Tidak hanya memberikan bantuan pada negara yang mengalami krisis moneter pasca perang, Bank Dunia juga memberikan bantuan kepada negara yang tertimpa bencana alam, krisis moneter, dan hal-hal lainnya.

Saat ini, Bank Dunia memiliki kantor cabang di 11 negara dari seluruh dunia. Untuk anggotanya sendiri, Bank Dunia memiliki 184 anggota yang tersebar di seluruh penjuru dunia. 



Foto: worldbank.org


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler