ASN Bandung Bakal Kena Denda Jika Merokok di Area Terlarang

Bandung - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung punya cara khusus nih TemanBaik agar aparatur sipil negara (ASN) tidak merokok di sembarang tempat. Jika melanggar, mereka akan didenda.

Pemkot sendiri sangat gencar menjadikan banyak area menjadi kawasan tanpa asap rokok (KTR). Sebagai payung hukumnya, kebijakan itu sudah dinaungi oleh peraturan wali kota (perwal) dan peraturan daerah (perda).

Wali Kota Bandung Oded M Danial pun meminta para ASN patuh terhadap aturan itu. Perokok harus menghargai hak orang yang tidak merokok dan orang sekitarnya.

"Urusan merokok ini bukan kita mau melarang hak asasi seseorang. Tapi hargailah hak asasi orang yang tidak merokok. Mari saling menghormati," kata Oded saat ditemui di Balai Kota Bandung, Senin (1/4/2019).

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bandung Nina Manarosana mengatakan sudah banyak tempat yang dijadikan area KTR. Salah satunya adalah kantor pemerintahan di Kota Bandung. Para ASN dan orang yang ada di sekitar pun wajib mematuhinya. Jika ingin merokok, mereka harus keluar atau mencari tempat khusus merokok.

Sejak gencar dikampanyekan aturan larangan merokok di perkantoran, para ASN sudah banyak yang menghindari merokok di kantor. Selain faktor kesadaran, ada sanksi lain yang siap membayangi mereka jika melanggar.

"Bagi semua pegawai Pemerintah Kota Bandung yang didapati merokok di tempat-tempat yang sudah ditetapkan sebagai KTR, maka dia akan akan dipotong (tunjangan kinerja daerah) 3 persen per satu pelanggaran," ucap Nina.

Tunjangan kinerja daerah atau TKD itu jumlahnya lumayan besar loh TemanBaik. Paling kecil, TKD yang didapat seorang ASN di Pemkot Bandung adalah sekitar Rp 4 juta. Itu di luar gaji loh!

Besaran itu hanya untuk kelas ASN golongan biasa. Bagi sekelas kepala dinas, jumlahnya bisa sampai puluhan juta. Jika mereka melanggar, 3 persen dari TKD-nya akan dikurangi.

Hitungan sederhananya, jika sekali melanggar, ASN yang TKD-nya Rp4 juta, maka TKD akan dikurangi Rp 120 ribu. Jika TKD-nya Rp10 juta, maka dendanya sekitar Rp300 ribu. Semakin sering pelanggaran dilakukan, maka potongan akibat denda pun akan semakin membengkak. Lumayan besar kan TemanBaik?

"Ini memotivasi mereka (ASN) untuk tidak merokok di kawasan tanpa rokok," ungkap Nina.

Keren kan TemanBaik apa yang dilakukan Pemkot Bandung? Nah, bagi TemanBaik yang merokok, sebaiknya jangan sembarangan ya.

Jangan sampai kebiasaan burukmu merokok memberi dampak negatif bagi orang sekitar. Belajar bijak ya!


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler