Begini Nih Caranya Bikin Anak-anak Hobi Baca Buku

Bandung - TemanBaik tahu enggak jika hari ini, 2 April 2019, adalah Hari Buku Anak Sedunia? Hari ini jadi momentum nih bagi para orangtua untuk membuat si kecil jadi gemar membaca dan menyadari pentingnya membaca.

Bagaimana sih cara membuat anak agar hobi membaca? Simpel kok. Yuk, kita simak ulasannya!

Kepada Bidang Teknologi Perbukuan Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Jawa Barat Idham Fitriadi membagi tip nih buat TemanBaik yang memiliki anak kecil di rumah.

Langkah pertama adalah mengenakan buku kepada anak sejak usia dini. Anak kamu di rumah belum bisa membaca? Justru dari sana kebiasaan membaca bisa lebih mudah ditanamkan. Kenalkan mereka dengan buku. Beli atau pinjamlah buku cerita yang lebih didominasi oleh gambar-gambar menarik. Hal itu akan membuat si kecil tertarik deh.

"Sebelum anak tidur, bacakan buku oleh orangtuanya, seperti buku silsilah nabi, sahabat Nabi. Bacakan yang ringan-ringan aja dan full gambar. Lakukan itu sejak anak masih kecil," kata Idham.

Langkah berikutnya, perbanyak koleksi buku di rumah. Jika bisa, tempatkan buku di tempat-tempat yang akan terlihat dan terjangkau oleh anak di rumah. Dengan begitu, si kecil akan terbiasa hidup berdampingan dengan buku. Lama-kelamaan, si kecil dengan sendirinya akan penasaran untuk membaca buku yang ada di berbagai tempat di rumah.

Berikutnya, ajari anak membaca secara perlahan dan dengan cara menyenangkan, Setelah si kecil mulai bisa membaca, berikan mereka buku cerita, komik, atau buku 'ringan' lainnya agar mereka tertarik membaca.

Berikan pemahaman atau penjelasan bahwa buku yang TemanBaik berikan menarik untuk dilihat dan dibaca. Itu akan merangsang anak untuk mau membuka dan membacanya.

Di luar itu, seperti apa sih dunia baca anak saat ini? Yang mengkhawatirkan, anak-anak saat ini lebih akrab dengan gawai. Bahkan, ketertarikan mereka pada gawai justru karena orangtua tidak mau ribet dan menjejali anak dengan tontonan melalui gawai.

Mulai sekarang, kurangi deh menyuguhkan anak dengan tontonan melalui gawai jika kamu ingin si kecil jadi pribadi yang hobi membaca. Pikir lagi deh, lebih baik anak hobi membaca buku atau melihat tayangan melalui gawai?

Tapi, hal itu balik lagi ke TemanBaik. Sebab, ada sisi positif dan negatif yang bisa kamu pertimbangkan dengan matang di antara dua pilihan itu.

Selamat Hari Buku Anak Sedunia!

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler