Anggota KPU Jawa Barat Jadi Petugas di TPS Dadakan

Bandung - Pemilu 2019 sudah semakin dekat ya, TemanBaik. Berbagai persiapan pun terus digeber Komisi Pemilhan Umum (KPU) sebagai penyelenggara pemilu. Salah satu persiapan itu terlihat di Kantor KPU Jawa Barat, Jalan Garut, Kota Bandung, Selasa (2/4/2019). Di lokasi tersebut digelar simulasi pemilu.

Sebagaimana pemilu, di lokasi terdapat petugas dan beragam perlengkapan untuk pelaksanaan pencoblosan. Uniknya, para anggota KPU Jawa Barat menjadi petugas TPS dadakan alias kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Ketua KPU Jawa Barat Rifqi Alimubarok jadi Ketua KPPS. Sedangkan anggota KPU Jawa Barat lainnya jadi petugas KPPS.

Dalam simulasi itu, warga sekitar dan siswa SMK yang berdekatan dengan Kantor KPU Jawa Barat, menjadi pemilih, termasuk pegawai KPU. Tata cara mulai dari saat pemilih datang hingga keluar TPS pun dijelaskan dan dipraktikkan.

Pihak lain pun dilibatkan sebagaimana pelaksanaan pemilu, mulai dari pengawas pemilu, saksi, hingga pihak keamanan. Hal itu untuk memastikan pemungutan suara berjalan lancar.

Baca Ini Juga Yuk: 'Know Your Caleg', Program Kenali Caleg untuk Warga Diaspora

Ketua KPU Jawa Barat Rifqi Alimubarok mengatakan simulasi di tingkat Jawa Barat itu dilakukan untuk melihat sejauh mana kesiapan penyelenggara pemilu. Dari simulasi itu, bisa diketahui juga apa yang harus diperbaiki dan ditingkatkan oleh KPPS.

Sebelum digelar di tingkat Jawa Barat, simulasi serupa sudah dilakukan di tingkat kabupaten/kota. Sehingga, ia yakin pelaksanaan pemilu bisa berjalan dengan baik pada 17 April 2019 mendatang. "Kita berharap pemilu berlangsung lancar dan krebidel dan terhindar dari kesalahan-kesalahan teknis," kata Rifqi dalam keterangan resminya.

Ia juga berharap agar KPPS pada pelaksanaan pemilu nanti memperhatikan berbagai hal detail. Jangan sampai pada pelaksanaannya pemilu mendatang justru terdapat masalah di TPS.

Sosialisasi pun sudah dilakukan ke KPU kabupaten/kota hingga tingkatan terbawah penyelenggara pemilu. Harapannya, para petugas tahu persis apa yang harus dilakukan pada hari H nanti.



Foto: Simulasi pemilu di Kantor KPU Jawa Barat (dokumentasi KPU Jawa Barat)

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler