Ini Peran Juru Kampanye Capres-Cawapres yang Perlu Kamu Tahu

Bandung - TemanBaik tentu tahu kan kalau tiap pasangan capres-cawapres mempunyai juru kampanye masing-masing? Lalu, apa sih juru kampanye itu? Juru kampanye adalah orang/kelompok yang ditunjuk untuk menyampaikan berbagai hal mengenai visi dan misi dari masing-masing capres-cawapres.

Menjelang pemilihan presiden (pilpres), setiap capres-cawapres berhak untuk menunjuk juru kampanye yang nantinya akan menjalankan tugas dan kewajiban khusus mengenai capres-cawapres yang diusungnya.

Nah, yang perlu TemanBaik ketahui, juru kampanye atau mereka yang juga disebut sebagai Tim Kampanye Nasional (TKN) capres-cawapres untuk pemilu 2019 ini memiliki dua fungsi loh. Apa saja? Pertama, mereka akan bertindak sebagai pihak yang akan bertanggung jawab atas segala bentuk kegiatan kampanye dari pasangan calon.

Sedangkan fungsi kedua adalah mereka bakal berperan sebagai pihak yang menjalin komunikasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Hal ini bertujujuan agar jalur komunikasi mengenai pilpres bisa diketahui dengan mudah, lancar, dan lebih terbuka.

Baca Ini Juga Yuk: Sejarah Singkat Perjalanan Pemilihan Umum di Indonesia

Adapun tugas-tugas di kampanye capres-cawapres meliputi mengurus perizinan kampanye ke pihak kepolisian, memberi tahu KPU tentang pihak-pihak yang terlibat kampanye, sampai mengurus perizinan pejabat negara yang mengikuti kampanye.

Kamu udah tahu belum juru kampanye dari masing-masing capres-cawapres di pilpres 2019 ini? Berikut ini daftar juru kampanye kedua pasangan calon di pemilu 2019:

Daftar Juru Kampanye Jokowi-Ma’ruf
Struktur Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari ketua umum parpol, menteri, dan lain-lain. Untuk Dewan Penasehat Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf diisi oleh seluruh ketua umum parpol pendukung pendukung Jokowi-Ma'ruf yang di dalamnya adalah ketua umum PDIP, Golkar, PKB, PPP, Nasdem, Hanura, PSI, PKPI, dan Perindo.

Lalu, untuk posisi Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf diisi oleh Jusuf Kalla, Try Sutrisno, Puan Maharani, Pramono Anung, Akbar Tanjung, dan lain-lain.

Daftar Juru Kampanye Prabowo-Sandi
Untuk Tim Pemenangan Prabowo-Sandi yang disebut dengan Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi berjumlah 94 orang. Adapun yang masuk ke daftar tersebut adalah Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi diisi oleh mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Djoko Santoso.

Sementara itu, untuk posisi lainnya diisi oleh Presiden RI ke-6 yang juga Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai Koordinator Juru Kampanye Nasional. Selanjutnya, untuk posisi Anggota Dewan Pembina diisi oleh Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler