Indonesia Naik 4 Peringkat Negara Paling Bahagia

Bandung - World Happiness Report (WHR) 2019, baru-baru ini merilis laporan terbarunya mengenai daftar negara bahagia di dunia. Dari 156 daftar negara yang dirilis dalam laporan tersebut, Indonesia berada di posisi ke 92. Posisi ini naik empat peringkat dari tahun 2018 lalu, yang berada di peringkat ke 96.

Sementara di peringkat pertama yang menyabet gelar Negara Paling Bahagia di dunia diduduki oleh negara Finlandia. Kemudian di urutan kedua ada Denmark, dan Norwegia di peringkat ketiga. Sedangkan di posisi keempat dan kelima diduduki Islandia dan Belanda.

Di urutan keenam sampai sepuluh ada Swiss, Swedia, Selandia Baru, Kanada dan Austria. Tidak banyak perubahan pada urutan tahun ini kecuali Austria yang menggantikan Australia di urutan kesepuluh.

Baca Ini Juga Yuk: Keren! 4 Pantai Indonesia Masuk Daftar 100 Pantai Terbaik Dunia

Penilaian didapat dari menganalisa enam faktor yang mendukung kesejahteraan, yakni pendapatan, kebebasan, kepercayaan, harapan hidup, dukungan sosial dan kemurahan hati. Dalam laporan, ditemukan hasil kalau warga Indonesia masih banyak yang merasa tidak percaya dengan politisi dan rendahnya dukungan hidup.

Penyebab lain adalah peningkatan emosi negatif yang diukur dari kekhawatiran, kesedihan, dan kemarahan. Dari posisi paling bawah (peringkat dari 156 ke 151), secara berurutan ada Sudan Selatan, Republik Afrika Tengah, Afganistan, Tanzania, Rwanda, dan Yaman. Laporan telah digagas sejak 2012 saat Majelis Umum PBB menetapkan 20 Maret sebagai hari kebahagiaan dunia.


Foto: Djuli Pamungkas

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler