Jabar Bakal Punya 7 Waduk dan 100 Embung, Intip Fungsinya Yuk!

Bandung - Di Jawa Barat akan ada tujuh waduk baru loh, TemanBaik. Pembangunannya dilakukan bertahap dan ditargetkan selesai semuanya pada 2020. Di Bogor, akan ada dua waduk, yaitu di kawasan Cipayung dan Sukamahi. Berikutnya, di Kuningan ada satu waduk, di Tasikmalaya satu waduk, Sumedang satu waduk, dan di Subang satu waduk.

Fungsi dari masing-masing waduk itu pun beragam. Ada yang untuk pengedalian banjir seperti dua waduk di Bogor. Sebab, seringkali Bogor dituding sebagai penyebab banjir di DKI Jakarta.

Fungsi lainnya dari waduk-waduk itu adalah untuk menampung air hujan, irigasi pertanian, serta beragam manfaat lainnya. Seperti apa sih progres pembangunan waduk-waduk itu?

Ada yang pembangunannya sudah berjalan sejak 2016 loh seperti waduk di Bogor. Mayoritas dari waduk-waduk itu pun saat ini sedang dikerjakan pembangunan fisiknya. Tapi, ada juga yang masih tahap pembebasan lahan dan peninjauan ulang desain.

Salah satu manfaat besar dari kehadiran waduk-waduk itu adalah untuk mengairi sawah yang ada di Jawa Barat. Areanya sangat luas loh, mau tahu berapa luasnya?

Baca Ini Juga Yuk: Jabar Bikin Gerakan 100 Embung Juara Buat Ketersediaan Air Warga

"Sawah yang ada di kita itu ada 900 ribu hektare. Dari jumlah itu 400 ribu hektare (sawah) dikelola pemerintah pusat, sisanya 100 ribu hektare dikelola provinsi (Jawa Barat), 400 ribu hektare lagi dikelola pemerintah kabupaten/kota," kata Asisten Daerah Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Pemprov Jawa Barat Eddy Nasution di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (4/42019).

Proyek pembangunan tujuh waduk itu sepenuhnya ditangani oleh pemerintah pusat. Meski merupakan proyek pemerintah pusat, tapi manfaat besarnya akan dirasakan oleh Jawa Barat.

Selain membangun tujuh waduk, Pemprov Jawa Barat akan membangun 100 embung loh hingga 2022 mendatang. Berbeda dengan waduk yang pembangunannya ditangani oleh pemerintah pusat, pembangunan embung dilakukan dengan cara kolaborasi.

"Ini kolaborasi, enggak semua dari kita (pemprov). Kita mengajak pemerintah pusat dan pemerintah kabupaten/kota untuk membangun embung. Kita sudah membuat desain, kita juga sudah punya rencana untuk membuat embung ini detailnya seperti apa," jelas Kepala Dinas Sumber Daya Air Jawa Barat Linda Alamin.

Dengan hadirnya 100 embung itu, kebutuhan air diharapkan bisa teratas, khususnya untuk pertanian. Sehingga, produksi pertanian di Jawa Barat diharapkan akan lancar, bahkan meningkat."Pembangunan embung ini akan dilakukan secara merata se-Jawa Barat," ucap Linda.


Foto: Oris Riswan Budiana

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler