Begini Cara Ikutan Pemilu Meski Kamu di Luar Negeri

Bandung - Buat Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di luar negeri, jangan khawatir kamu enggak bisa menggunakan hak pilihmu di pemilu 2019 ini. Sebab, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberikan waktu khusus untuk mencoblos.

KPU sendiri telah mengumumkan bahwa timnya bakal mendirikan 338 titik Tempat Pemungutan Sementara Luar Negeri di 130 negara. Adapun KPU mencatat ada sebanyak 2.058.191 orang Daftar Oemilih Tetap (DPT) yang berada di luar negeri.

TemanBaik bisa melakukan pencoblosan pada tanggal 8-14 April 2019 di tempat yang sudah ditentukan oleh KPU. Berikut ini 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk menggunakan hak pilihmu di luar negeri:

Datangi KBRI/KJRI Setempat
Setiap negara yang sedang kamu singgahi pasti terdapat Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) atau Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI). Carilah lokasi KBRI dan KJRI di negara tersebut. Lalu, datangi untuk mencoblos di TPS yang sudah disediakan

Baca Ini Juga Yuk: Ini Tata Cara Mencoblos Surat Suara Capres dan Cawapres

Mengirim Surat Suara Lewat Pos
Selain datang ke TPS di KBRI dan KJRI, TemanBaik juga bisa mengirimkan surat suara lewat pos. Gimana caranya? Menjelang waktu pemilihan, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) bakal mengirimkan surat suara yang bisa digunakan untuk mencoblos ke alamat tinggal kamu di luar negeri. Nah, setelah mencoblos, kamu bisa mengirimkan surat suara tersebut lewat pos ke alamat yang sudah ditentukan oleh PPLN.

Mencoblos di TPS Keliling
Kalau kamu tidak punya banyak waktu untuk mendatangi KBRI dan KJRI setempat, pihak PPLN menyediakan kotak suara keliling loh. Pada waktu tertentu, bilik dan kotak suara di TPS akan dibawa ke daerah-daerah yang banyak dihuni oleh WNI di luar negeri. Jadi, buat kamu yang tinggal berjauhan dengan KBRI dan KJRI bisa tetap menggunakan hak pilihmu.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler