Keren! Subang Bakal Ekspor 36 Ton Kopi ke Jepang Saat Ultah

Subang - Geliat kopi di Indonesia saat ini semakin berkembang. Banyak yang sudah menembus pasar ekspor loh! Hal ini yang kemudian bakal dijajal oleh Kabupaten Subang di Jawa Barat nih. Tahun ini, Subang akan mengekspor puluhan ton kopi ke Jepang.

Ekspor itu akan jadi kado ulang tahun Kabupaten Subang pada Juli mendatang yang berusia 71 tahun. Harapannya, Subang dan kopinya semakin dikenal di mata dunia.

"Rencananya sebanyak 36 ton kopi khas Cipunagara ini akan diekspor ke Jepang bertepatan dengan hari ulang tahun Kabupaten Subang pada Juli 2019 mendatang," kata Bupati Subang Ruhimat di laman Kementerian Pertanian.

Baca Ini Juga Yuk: Cita Rasa Berkelas Kopi Java Preanger Khas Gambung, Bikin Nagih!

Kopi Cipunagara sendiri merupakan kopi unggulan khas Subang. Kopi jenis Arabika itu memiliki cita rasa dan manis yang khas. Varian kopi itu adalah yang terbaik di Subang. Salah satunya disebabkan faktor geografis daerah pegunungan tempat kopi itu ditanam. Kopi itu ditanam di di atas ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut.

Produksi pertanian kopi di Subang sendiri terus didorong oleh pemerintah setempat dan Kementerian Pertanian. Harapannya, pertanian kopi di sana bisa lebih maju.

Saat ini, produktivitas kopi di sana baru sekitar 0,8 ton per hektare. Ke depan, Kementerian Pertanian berencana memberi bantuan bibit unggul. Targetnya, produktivitas kopi di sana dalam beberapa tahun ke depan diharapkan mencapai jadi 3,5-4 ton per hektare. Artinya, produktivitas kopi di sana akan meningkat 300 hingga 400 persen.


Foto: dokumentasi Kementerian Pertanian

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler