Bangga! 7 Atlet Senam Asal Bandung Raih 31 Medali di Bangkok

Bandung - Sejumlah atlet senam putri asal Pakuan Gymnastic Club (PGC) Bandung bikin bangga nih. Mereka berhasil meraih kejuaraan senam di ‘The Bangkok Gymnastics (Moose Games) Invitational Meet’ yang diselenggarakan pada tanggal 30-31 Maret 2019 lalu di Bangkok. 

PGC Bandung mengirimkan tujuh orang atlet senam putri yang rata-rata masih bersekolah di tingkat Sekolah Dasar (SD). Mereka adalah Abidah Najlaa Hasyimah, Kenisha Malikha Pribadi, Marshaluna Aiesha Prananda, Nabila Salsa Suprapto, Raisha Fathi Azzura Rasyid, Salsabila Meilany PS, dan Selma Janeeta Irfani.

Tujuh orang atlet ini diturunkan ke dalam 2 level yaitu level 1 sebanyak 4 orang atlet dan level 2 sebanyak 3 orang atlet. Untuk setiap level mempertandingkan 4 alat yaitu lantai (floor exercise), meja lompat (vaulting table), palang bertingkat (uneven bars), dan balok keseimbangan (balance beam), serta ditambah nomor serba bisa (all around) di level 2.


Kejuaraan yang dihadiri oleh 1.073 orang atlet senam putri dan 137 orang atlet senam putra ini berasal dari 78 klub dari 9 negara yang berlaga yakni China, Hongkong, Indonesia, Malaysia, Philipina, Republik Mauritius, Singapura, Taiwan, dan Thailand.

Pada kejuaraan senam tingkat internasional tersebut, PGC Bandung berhasil meraih total 31 keping medali yang terdiri dari 23 medali emas, 6 perak, dan 2 perunggu. Medali-medali tersebut tentunya tidak didapatkan dengan mudah, para atlet rela mencucurkan keringatnya untuk bisa menggigit medali tersebut di atas podium. 


Lewat keterangan resminya, pelatih PGC Bandung, Artati Dewijanti dan Sri Mulyani mengaku sangat puas dengan hasil yang diraih dengan persiapan hanya berlatih 1 (satu) kali seminggu di Gymnasium SPOrT Jabar Arcamanik Bandung. 

Keduanya berharap kalau keberhasilan ini bisa membuka mata insan senam di Jawa Barat terutama Persatuan Senam Indonesia (Persani) Jabar untuk mengembangkan pembinaan atlet sejak usia dini. Pengurus Daerah (Pengda) Persani Jabar diharapkan terus melakukan sosialisasi dengan sistem levelisasi ke setiap Pengurus Cabang Persani Kota/Kabupaten dalam rangka pembinaan atlet usia dini.

Proses regenerasi pun harus terus dilakukan sehingga bibit-bibit atlet potensial untuk ke depan bisa lahir dari daerah-daerah. Untuk itu Pakuan Gymnastics Club (PGC) secara konsisten akan terus melakukan pembinaan untuk olahraga senam (Gymnastics) yang dapat menjadi bekal bagi kemajuan atlet-atlet Jabar di masa depan dan membawa harum nama Jawa Barat baik di kancah nasional maupun internasional.

Foto: Witta Puspita

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler