Belajar dan Kenal Lebih Dekat dengan Teman Tuli di ACT

Jakarta - Tahu enggak TemanBaik, kalau Bulan April ini, mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Yarsi, kembali mengadakan acara kemanusiaan loh. Acara yang menjadi bagian dari program kerja senat mahasiswa fakultas kedokteran Yarsi, yakni Human Agent (HA), acara kali ini mengusung tema Auris Can Togther (ACT).

Auris Can Together, dengan tagline 'Anything is Possible When We Care' bertujuan untuk mengajak teman dengar untuk mengenal dan belajar dari teman tuli. Serta memberi kesempatan bagi teman tuli untuk dapat berkomunikasi dan menunjukan bakat mereka tanpa halangan. Tema ini dipilih karena melihat fakta bahwa sekitar 13,5 persen dari penyandang disabilitas di Jakarta, adalah tunarungu. Di mana keterbatasan yang mereka miliki menjadi kendala saat menggunakan layanan dan fasilitas publik.

Sebab, jika dibandingkan dengan negara-negara lain, Indonesia masih terasa kurang ramah bagi penyandang disabilitas. Misalnya, pada salah satu fasilitas publik seperti rumah sakit, masih jarang terdapat juru bicara atau tenaga medis yang dapat menggunakan bahasa isyarat dan dapat membantu teman tuli saat sedang mengecek kesehatan mereka. Hal-hal tersebut menjadi sebuah kendala bagi teman tuli untuk dapat berkomunikasi secara efektif dengan teman dengar.

Acara ini diharapkan dapat menunjukan rasa kepedulian mahasiswa kedokteran, sebagai bagian dari tenaga medis, pada teman-teman tuli dan dapat menjadi pemacu bagi tenaga medis lain untuk mempelajari tentang bahasa isyarat. Di luar itu, dengan adanya ACT, Indonesia bisa menjadi lebih ramah disabilitas, sehingga semua masyarakat dapat berkomunikasi secara efektif dengan sesama, termasuk teman tuli.

Baca Ini Juga Yuk: Mengenal Panti Tunanetra Tertua di Indonesia

Acara ini, berisi kegiatan-kegiatan menarik loh. Terdapat seminar dari teman tuli, Siti Rodiah (Wakil Ketua Gerkatin Kepemudaan) dan Laura Lesmana (Ketua Pusbisindo) yang akan membahas sejarah dan budaya teman tuli. Kemudian, talkshow dari Dokter Carlo Ortega, Amanda Farliany , dan Tonan, yang membicarakan perihal 'Pentingnya Komunikasi Efektif Antar Pasien Tuli dan Dokter'.

Ada juga pelatihan bahasa isyarat yang dipandu oleh Pusbindo (Pusat Bahasa Isyarat Indonesia) dan diikuti oleh penampilan bakat dari Teater Tujuh, dan talkshow dengan Rey Sahetapi mengenai inovasi yang akan dilakukan bagi teman tuli dan bagaimana pengalaman berada di lingkungan teman tuli. TemanBaik juga bisa menikmati penampilan dari Nadin Amizah dalam acara ACT. Seru, bukan?

Auris Can Together (ACT) bakal diselenggarakan pada 14 April 2019 di Sasana Pakarti Meeting Hall, Pancoran, Jakarta Selatan. Tiket dijual dengan harga Rp 110.000, tiket ini sudah termasuk makan siang, konsumsi kopi dari Kopi Tuli (Koptul), merchandise, dan sertifikat untuk teman-teman mahasiswa.

Untuk mendapatkan tiketnya, TemanBaik hanya perlu menghubungi contact ACT melalui Instagram (@act.2019), Twitter (@aurisct_2019) atau official account Line mereka. Jadi, tunggu apalagi, yuk pesan tiketmu sekarang dan bergabung dalam acara ACT untuk menunjukan kepedulian dan belajar dengan teman tuli. Jangan sampai kehabisan, sebab persediaan tiket terbatas.

Foto: Auris Can Together

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler