Lebih Hemat, PLN Ajak Warga Pindah dari Kompor Gas ke Listrik

Bandung - Untuk meningkatkan konsumsi listrik di tengah masyarakat, PT PLN mulai mengajak pengguna kompor gas untuk beralih ke kompor listrik. Bonus lainnya, kita bisa lebih hemat loh.

Enggak hanya menjadi program nasional, program konversi kompor gas ke kompor listrik ini juga resmi diluncurkan Jawa Barat. Targetnya, tahun 2019 masyarakat Jabar juga bisa ikut meramaikan penggunaan energi listrik di setiap rumah.

"Konsumsi energi listrik di Indonesia baru mencapai 1.064 kWh per kapita. Angka ini menempatkan Indonesia masih di bawah negara ASEAN lain seperti Brunei Darussalam, Malaysia, Singapore dan Thailand. Karenanya, PLN mendorong pelanggan Jabar untuk beralih ke kompor listrik," ujar Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah PLN Amir Rosidin di Bandung, Selasa (9/4/2019).

Amir bercerita, PLN sebagai BUMN kelistrikan akan terus berupaya memperluas efektivitas penggunaan kompor listrik induksi yang konsepnya mengarah pada energi listrik ramah lingkungan. Keuntungan lainnya, menggunakan kompor listrik juga terbukti lebih aman.

"Melihat dari sisi keamanan, pakai kompor listrik akan terhindar dari bahaya kebakaran, keuntungan lainnya penggunaan kompor listrik juga lebih mudah karena energi listriknya sudah disediakan PLN," jelasnya.

Lebih lanjut Amir memaparkan, kompor listrik juga punya kelebihan dari sisi energi buangnya yang enggak bikin polusi seperti halnya kompor gas yang ada sisa reduksinya. Selain ramah lingkingan, produktivitas ini juga menguntungkan loh buat para pengusaha UMKM yang bergelut di bidang makanan.

"Dengan suhu panas yang merata secara stabil, waktu memasak menjadi lebih singkat. Ini secara ekonomi bisa meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM di bidang kuliner," pungkas.


Foto ilustrasi Pexels


Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler