#JusticeForAudrey, Hindari Aksi Bully Mulai dari Diri Sendiri

Bandung - Mencuatnya kasus Audrey, siswi SMP di Pontianak yang menjadi korban bully (perundungan) dari sekelompok orang membuat kita harus mawas diri. Kita mungkin bisa saja tanpa sadar menjadi pelaku bully terhadap orang lain.

Ada banyak hal penting dan berfaedah lainnya dilakukan harus membully seseorang. Ada banyak cara juga yang bisa kita lakukan agar tidak jadi pelaku bully. Yuk mulai dari diri sendiri dengan mengingat hal-hal di bawah ini:

Berpikir Sebelum Bertindak
Saat ini membully seseorang tidak hanya bisa dilakukan secara langsung. Tapi, bisa juga dilakukan di media sosial. Contohnya dengan memberikan komentar tidak pantas dan menjatuhkan di kolom komentar akun media sosial seseorang.

Kalau kamu tidak ingin jadi pelaku bully, sebaiknya pikirkan matang-matang hal yang akan kamu lakukan, terlebih yang akan kamu bicarakan, apakah nantinya akan menyakiti seseorang atau tidak.

Jangan Menyebarkan Hal yang Bersifat Pribadi
Jangan pernah menyebarkan informasi pribadi seseorang baik berupa kontak telepon, foto, atau hal lainnya. Apalagi jika kamu melakukannya tanpa seizing sang empunya. Mungkin kamu hanya bermaksud ingin bertindak lucu-lucuan saja kepada temanmu. Tapi, siapa yang tahu kalau tindakanmu tersebut malah akan membuatnya dibully oleh orang lain.

Walau kamu sudah berteman dekat, sebaiknya tetap hargai hal-hal yang bersifat pribadi yang berhubungan dengan  temanmu itu.

Hargai Kekurangan Seseorang
Setiap orang dilahirkan dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing. Jika kamu melihat orang di sekitarmu mempunyai kekurangan, hargailah kekurangannya, jangan malah mengejeknya hingga melakukan sesuatu yang tidak pantas. Berteman itu lebih baik kok dari pada bermusuhan!

Minta Maaf Jika Melakukan Kesalahan
Kita terkadang tidak sadar ketika melakukan kesalahan terhadap seseorang. Baik itu ketika asal berkomentar di unggahan foto teman atau tak sengaja mengejeknya karena berpenampilan aneh. Tak ada yang terlambat, jika kamu menyadari kesalahanmu, minta maaflah kepada orang tersebut. Kamu mungkin sudah menyakitinya, tapi setidaknya kamu tetap mau untuk rendah hati dengan mengakui kesalahanmu.   

Kurangi Menonton Hal yang Berbau Kekerasan
Bukannya enggak boleh menonton sesuatu yang berbau kekerasan. Hanya saja, mungkin ada beberapa orang yang dengan mudah meniru apa yang ia tonton untuk dilakukan di dunia nyata. Tapi, ada juga yang mengambil sisi baik dari apa yang ditontonnya. Sebaiknya kita juga mampu memfilter diri dari hal-hal yang tidak pantas untuk dilakukan di dunia nyata. 

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler