Kemkominfo Uji Coba Radio Komunikasi untuk Penanggulangan Bencana

Bandung - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) saat ini sedang melakukan uji coba radio komunikasi kebencanaan loh. Uji coba radio komunikasi kebencanaan ini dilakukan selama satu bulan, dimulai dari 9 April sampai 9 Mei 2019 di Kawasan Pangandaran (Plasa Telkom Pangandaran).

Uji coba ini juga melibatkan vendor penyedia perangkat telekomunikasi. Sehingga saat terjadi bencana, orang-orang yang bekerja menanggulangi bencana mendapatkan informasi yang real-time dan menyeluruh dalam waktu yang sangat singkat. 

Penanggulangan bencana ini memanfaatkan pita frekuensi 700 MHz. Amerika Serikat dan Korea Selatan adalah dua negara yang sudah lebih dulu menggunakan pita frekuensi 700 MHz untuk melakukan komunikasi kebencanaan.

Jika uji coba di Pangandaran berhasil, Kemenkominfo bakal mengoptimalkan pemanfaatan pita frekuensi 700 MHz di berbagai daerah, khususnya pedesaan. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari infrastruktur komunikasi kebencanaan dan peningkatan pelayanan publik.

Rencana selanjutnya, frekuensi 700 MHz diprioritaskan untuk Public Protection and Disaster Relief (PPDR) di Indonesia. Sebab, harus ada frekuensi yang dialokasikan khusus untuk komunikasi kebencanaan karena frekuensi ini harus bebas dari interferensi apapun.

Dengan penanggulangan bencana, kita dapat meminimalisir korban jiwa, kerusakan infrastruktur dan dampak ekonominya di Indonesia saat mengalami bencana. Semoga uji coba ini berjalan dengan berhasil ya TemanBaik!

Foto: Pexels
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler