Belum Punya e-KTP? Kamu Bisa Nyoblos Pakai Suket Loh

Bandung - Pemilu 2019 tinggal beberapa hari lagi, tapi kamu masih belum punya e-KTP? Enggak usah khawatir, karena kamu tetap bisa melakukan pencoblosan kok.

Mahkamah Konstitusi (MK) sudah mengesahkan bahwa Surat Keterangan (Suket) KTP bisa menjadi salah satu syarat mencoblos pada Pemilu 2019. Suket adalah surat keterangan yang menunjukkan bahwa seseorang sudah melakukan perekaman e-KTP. Hanya saja, e-KTP nya belum jadi.

Sementara itu, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga sudah memperbolehkannya. Asalkan suket yang dipakai adalah suket asli yang diterbitkan oleh Disdukcapil. Hal ini dilakukan untuk menjamin bahwa suket tersebut memang milik calon pemilih.

Baca Ini Juga Yuk: 4 Hal yang Enggak Boleh Dilakukan Selama Masa Tenang Pemilu

Adapun untuk pemilih yang sudah terdaftar dalam DPT (daftar pemilih tetap) bisa menggunakan hak pilihnya dan melakukan pencoblosan pada 17 April nanti mulai pukul 07.00-13.00 WIB.

Sedangkan bagi pemilih yang sudah terdaftar dalam DPT namun tidak mendapatkan formulir C6, kamu tetap dapat memilih dari pukul 07.00-13.00 WIB. Syaratnya, pemilih cukup menggunakan e-KTP saja sebagai syarat memilih.

Selanjutnya untuk pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT, kamu bisa melakukan pencoblosan setelah pukul 12:00. Adapun syaratnya cukup membawa e-KTP atau suket untuk diserahkan kepada panitia di TPS nanti.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler