Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Mencoblos di TPS Ya!

Bandung - Pemilu 2019 tinggal sebentar lagi. TemanBaik sudah menentukan pilihan belum nih buat mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) esok hari? Nah supaya proses pemilu 17 April 2019 berjalan dengan lancar dan tertib, kamu harus mematuhi peraturan yang telah ditetapkan ya! 

Berikut adalah larangan yang tercantum dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 tahun 2019 dan Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemlihan Umum. Perhatikan apa saja peraturannya yuk!

Pakai Atribut Kampanye
Seperti yang kita semua tahu, jadwal kampanye sudah berakhir tiga hari sebelum hari pencoblosan berlangsung. Sehingga enggak boleh lagi ada kegiatan kampanye, sesuai dengan Pasal 276 UU nomor 7 Tahun 2017. KPU juga melarang kehadiran atribut pasangan calon dan partai dipakai di area TPS.

Membawa Ponsel ke Bilik Suara
KPU telah menugaskan pada ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang terdapat di TPS untuk melarang pemilih membawa ponsel dan alat perekam gambar lainnya ke bilik suara. 

Tapi jangan khawatir, enggak ada larangan untuk membawa ponsel selain di bilik suara kok. Ketika kamu masuk ke bilik suara, kamu bisa titipkan ponsel ke KPPS dan mengambilnya kembali setelah mencoblos. Larangan ini tercantum di pasal 38 ayat 1 PKPU Nomor 3 tahun 2019.

Merekam Proses Mencoblos
Mungkin ada beberapa dari TemanBaik yang ingin mendokumentasikan proses saat menggunakan hak suara. Tapi jangan kamu lakukan ya, soalnya kamu dilarang mendokumentasikan hak pilih di bilik suara. Aturan ini terdapat dalam pasal 42 PKPU Nomor 3 tahun 2019.

Mempublikasikan Pilihan di Media Sosial
KPU juga mengimbau para pemilih untuk tidak mempublikasikan pilihan politiknya di media sosial. Sebab hal itu dinilai dapat mencederai asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil (luber jurdil). Sesuai dalam pasal 2 UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Memengaruhi Pemilih Lain
Saat pencoblosan, setiap pemilih dilarang memengaruhi pemilih agar menjadi golongan putih atau memilih calon tertentu dengan menjanjikan sesuatu. Hal tersebut telah diatur pada Pasal 515 UU Nomor 7 tahun 2017.

TemanBaik jangan sampai melanggar peraturan-peraturan tersebut ya, pemilih yang melanggar ketentuan dapat terkena hukuman. Penerapan hukumannya diserahkan kepada Badan Pengawas Pemilu. Selamat mencoblos TemanBaik, yuk berikan hak pilih kamu dengan tertib dan sesuai aturan ya!

Foto ilustrasi dokumen beritabaik.id
Djuli Pamungkas

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler