Ridwan Kamil dan KPU Bikin Lomba TPS Unik

Bandung - Pemilu 2019 harus disukseskan kan, TemanBaik? Begitu juga dengan pelaksanaan pemilu di Jawa Barat. Berbagai upaya pun dilakukan demi menjaga tegaknya demokrasi dalam pesta politik 5 tahunan itu.

Untuk mendorong tingginya partisipasi pemilih, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil punya trik khusus nih. Harapannya, pemilih akan bersemangat datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya.

"Saya pribadi sebagai gubernur akan memberikan apresiasi. Pertama, saya akan memberikan hadiah untuk TPS yang dekorasinya terunik. Juara pertama hadiahnya Rp 15 juta, kedua Rp 10 juta, dan ketiga Rp 5 juta," kata Kang Emil, sapaan akrabnya, dalam kegiatan Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (16/04/2019).

Tidak hanya itu, hadiah juga akan diberikan bagi TPS dengan partisipasi pemilih terbanyak se-Jawa Barat. Ada juga hadiah untuk aksi heroik atau mengharukan dalam pemilu versi wartawan. Ia pun mengajak wartawan untuk memberitakan aksi heroik dan mengharukan. Sehingga, publik akan tahu sisi lain di balik hingar-bingarnya pemilu.


Masing-masing pemenang peringkat pertama, kedua, dan ketiga akan mendapat hadiah Rp 15 juta, Rp10 juta, dan Rp 5 juta. Akan tetapi, hadiah itu berasal dari dana pribadi Emil, bukan dari APBD Jawa Barat alias uang rakyat.

Selain itu, KPU Jawa Barat juga mengadakan lomba berupa lomba swafoto bagi yang sudah menggunakan hak pilihnya. Pemilih diminta untuk berpose seunik dan sekeren mungkin di area luar TPS dan memperlihatkan jari yang sudah dicelupkan ke dalam tinta pemilu.

"Ini untuk menarik pemilih menggunakan hak pilih. Pesta demokrasi ini harus menggembirakan. Lomba selfie ini diadakan di 27 kabupaten/kota," jelas Ketua KPU Jawa Barat Rifqi Alimubaroq.

Berbagai hadiah menarik pun siap diberikan bagi para pemenang. Untuk teknis lengkapnya, TemanBaik warga Jawa Barat tinggal melihat di laman resmi dan akun media sosial masing-masing KPU kabupaten/kota.

Gimana nih TemanBaik, masih mau membuang hak pilihmu dengan sia-sia? Datang ke TPS dan gunakan hak pilihmu ya. Apalagi, jika kamu beruntung, kamu bisa mendapatkan hadiah kan.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler