Suara Pemilih yang Sangat Berharga di Pemilu 2019

Bandung - Pemilu 2019 yang berlangsung hari ini, Rabu (17/4/2019) ini memiliki keistimewaan tersendiri loh. TemanBaik mau tahu enggak apa yang istimewa itu?

Anggota KPU Jawa Barat Endun Abdul Haq menuturkan pada pemilu sebelum-sebelumnya, coblosan tidak sesuai aturan yang dilakukan pemilih pada surat suara bisa menjadi sia-sia. Hak pilih yang disalurkan akan dikategorikan sebagai suara tidak sah.

Contohnya, saat mencoblos surat suara calon anggota legislatif (caleg). Jika ada lebih dari satu nama calon dari satu partai yang dicoblos, pada pemilu sebelumnya, pilihanmu bakal dinyatakan tidak sah. Tapi, pada pemilu sekarang hal seperti itu sah.

"Jadi, di Pemilu 2019 ini suara pemilih betul-betul dihargai," kata Endun.

Di pemilu kali ini, hal seperti contoh di atas diperbolehkan. Tapi, suara yang dihitung tidak akan jadi milik caleg. Coblosan itu justru akan menjadi satu suara yang 'disumbangkan' ke partai bersangkutan.

"Itu suaranya sah, tapi suaranya akan menjadi milik partai," ungkap Endun.

Baca Ini Juga Yuk: Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Mencoblos di TPS Ya!

Jika pemilih mencoblos dua nama caleg dari satu partai, sedangkan salah satunya merupakan calon tidak memenuhi syarat, bagaimana keabsahannya? Suara sah itu akan jadi milik caleg yang memenuhi syarat.

Caleg yang tidak memenuhi syarat sendiri sudah terlanjur dicetak namanya di surat suara. Sehingga, bisa saja pemilih lengah dan mencoblos yang bersangkutan. Jika hanya dicoblos satu calon tidak memenuhi syarat, suaranya akan jadi milik partai.

Tapi, jika mencoblos lebih dari satu nama dari partai berbeda, suara akan dinyatakan tidak sah. Begitu juga jika kamu melakukan hal serupa pada surat suara calon anggota DPD dan capres-cawapres.

Langkah bijaknya, sebaiknya kamu hanya mencoblos satu kandidat untuk masing-masing surat suara. Kamu bisa mencoblos bagian nomor urutnya, wajah kandidatnya, nama kandidatnya, atau partainya.

Jika bingung menentukan pilihan kandidat, coblos saja deh partainya. Sehingga, suara kamu akan 'disumbangkan' ke partai pilihanmu. Sayang kan jika kamu sudah menyempatkan diri ke TPS untuk mencoblos tapi suaramu berakhir sia-sia karena dinyatakan tidak sah?

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler