TemanBaik, Bantu Adik Azka yang Dirawat di Rumah Sakit, Yuk!

TemanBaik, di Bandung adik bayi Azka Bahari yang baru berusia dua bulan sedang membutuhkan bantuan. Bayi Azka kini sedang terbaring di Rumah Sakit Immanuel Bandung. Ia diketahui mengidap penyakit infeksi paru-paru.

Gejala awalnya, pekan lalu, Azka mengalami sesak dan batuk. Dalam kurun empat hari, penyakitnya tak kunjung sembuh. Bahkan, Azka sempat dibawa ke dokter spesialis untuk ditangani.

Tapi, kondisi Azka memburuk. Minggu (14/4/2019) pagi, Azka terlihat sangat sesak. Karena sulit bernapas, wajah sang bayi sempat membiru. Ia pun langsung dibawa ke RS Immanuel untuk diperiksa.

Ia sempat dirawat di ruang ICU selama dua hari. Sejak hari ketiga hingga kini, Azka sudah masuk ruang perawatan. Tapi, ia diprediksi butuh waktu cukup lama untuk dirawat. Di kasur, Azka pun terbaring dengan infus terpasang dan beberapa selang di mulut dan hidungnya.

Yati Sumiati (40) kebingungan. Sebab, biaya untuk perawatan Azka diperkirakan akan cukup mahal. Untuk di ICU saja, dalam sehari biayanya mencapai Rp 7 juta. Biaya pun akan sangat membengkak jika ternyata Azka harus benar-benar dirawat intensif selama sebulan ke depan.

"Di ICU saja Rp 14 jutaan. Di kamar perawatan saja Rp 400 ribu sehari, itu hanya untuk sewa kamar saja," ucap Yati saat ditemui di RS Immanuel, Kamis (18/4/2019).

Yati sendiri merupakan ibu angkat Azka. Sebab, ibu sang bayi belum memiliki pekerjaan. Ayah sang bayi pun tidak diketahui berada di mana. Karena masih punya ikatan saudara, Yati-lah yang lebih banyak mengurus Azka.

Bagi Yati, biaya perawatan itu cukup berat. Sebab, ia punya tiga anak yang masing-masing sekolah di SMA, SMP, dan SD. Yati sendiri mengandalkan pemasukan dari berjualan risoles di kawasan Karapitan, Bandung, dan pesanan dari mahasiswa di sekitar lokasi. Sedangkan sang suami berjualan roti bakar di Jalan Karapitan.

"Ibu mah kalau soal biaya lahaula saja. Daripada di rumah kondisi Azka tambah parah, mending dirawat di sini. Insya Allah anak ini ada rezekinya," tuturnya.

Meski bukan ibu kandungnya, Yati mengaku akan berusaha sekuat tenaga mencari biaya perawatan untuk Azka. Ia ingin sang bayi kembali sehat dan ceria. Ia pun berencana menggadaikan sepeda motor atau barang lainnya jika tidak ada biaya untuk membayar perawatan Azka.

Sejauh ini, biaya perawatan Azka belum memiliki kartu BPJS Kesehatan. Sebab, Azka belum didaftarkan oleh Yati. Rencananya, Azka secepatnya akan dimasukkan menjadi anggota keluarga Yati di kartu keluarga.

Harapannya, Azka bisa segera dibuatkan kartu BPJS agar biaya perawatan bisa ditanggung pemerintah. Yang jadi pertanyaan, Yati belum tahu apakah Azka bisa masuk ke dalam KK-nya dengan cepat atau tidak, termasuk pembuatan kartu BPJS Kesehatan. Sebab, Yati hanya berstatus ibu angkat Azka.

TemanBaik, yuk bantu doa untuk kesembuhan Azka. Jika ada yang mau membantu biaya pengobatan Azka, kamu bisa menghubungi langsung Yati di nomor 087837085128.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler