Papua Siap Beli Kapal untuk Ekspor Pertanian ke Kawasan Pasifik

Pemprov Papua akan mengambil langkah besar loh TemanBaik pada 2021 mendatang. Rencananya, Pemprov Papua bakal membeli kapal barang untuk mendukung ekspor komoditi hasil pertanian ke kawasan Pasifik.

"Harapannya kapal ini bisa mengangkut semua hasil pertanian yang dibutuhkan negara Pasifik. Apalagi rencana ini sudah disampaikan ke Presiden Jokowi dan telah disetujui," kata Gubernur Papua Lukas Enembe di laman resmi Pemprov Papua.

Untuk mendukung rencana itu, Pemprov Papua akan dibantu kementerian dan lembaga terkait, di antaranya Badan Karantina Pertanian, Bea Cukai, serta Imigrasi. Berbagai hal yang dibutuhkan sudah dibahas.

Ada alasan besar kenapa Pemprov Papua ingin membeli kapal barang. Sebab, hasil pertanian Papua cukup melimpah. Dengan diekspor, harapannya ekonomi petani Papua juga akan turut meningkat.

Di sisi lain, keberadaan Papua juga sangat strategis untuk menopang pasar komoditi pertanian ke kawasan Pasifik. Kenapa Papua disebut strategis untuk ekspor?

"Sebab, Papua merupakan pintu kawasan masyarakat ekonomi Pasifik. Sehingga kita ingin kebutuhan pangan masyarakat di wilayah Pasifik, termasyk PNG (Papua Nugini) bisa kita penuhi," jelas Lukas.

Apa saja sih yang siap diekspor oleh Papua ke belasan negara di kawasan Pasifik? Beberapa di antaranya adalah beras, kopi, kakao, hingga tepung sagu. Ekspor sendiri sudah dijalani Papua loh TemanBaik. Beras dari Merauke sudah diimpor ke Papua Nugini. Tapi, kerja sama itu dirasa belum maksimal karena keterbatasan akses.

Dengan membeli kapal barang, akses untuk impor diharapkan akan semakin lancar. Bahkan, Papua akan jadi daerah penting untuk menunjang kebutuhan komoditi pertanian negara-negara Pasifik ke depan.

Kepala Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian Ali Jamil mengaku senang dengan rencana Gubernur Papua. Ia berharap keinginan itu terwujud dan Papua bisa berkontribusi dalam menciptakan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia di masa depan.

"Harapan kami ke depan adalah menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia tahun 2045. Hanya, untuk mewujudkannya kita ingin menggali seluruh potensi yang ada di daerah-daerah, termasuk Provinsi Papua," tutur Ali.

Ali sendiri baru-baru ini sudah mengunjungi Papua. Kehadirannya di sana adalah untuk berkoordinasi dalam upaya percepatan ekspor komoditi pertanian dari Papua.

Foto: Gubernur Papua Lukas Enembe (dokumentasi Pemprov Papua)

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler