Sepeda Motor Hidrogen Buatan LIPI, Asap Knalpotnya Uap Loh

TemanBaik, para peneliti di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengembangkan sepeda motor berbahan bakar hidrogen nih. Mau tahu enggak spesifikasinya?

Para peneliti itu melakukan modifikasi terhadap sepeda motor matic 108 cc. Tangki bahan bakarnya kemudian diganti dua tabung untuk menampung hidrogen.

Hidrogen itu loh TemanBaik yang jadi pengganti bahan bakar yang normalnya menggunakan bensin. Soal tenaga, sepeda motor itu masih sama kok kekuatan dan kecepatannya seperti bawaannya.

Menariknya, sepeda motor itu ramah lingkungan. Tidak ada emisi atau gas buangan berbahaya dari knalpotnya. Sebab, hasil pembakaran hidrogen itu tidak menghasilkan karbondioksida dan gas berbahaya lainnya.

"Ini keluarnya uap air (H2O), jadi tidak berbahaya untuk lingkungan," kata Koordinator Kelompok Penelitian Motor Bakar LIPI Widodo Budi Santoso di Kantor LIPI, Kota Bandung, Senin (22/4/2019).

Sepeda motor berbahan bakar hidrogen itu diharapkan jadi solusi di masa depan. Sebab, saat ini semakin banyak kendaraan bermotor yang digunakan masyarakat. Di saat yang sama, akibatnya polusi udara terus meningkat.

LIPI pun akan terus mengembangkan sepeda motor yang penelitiannya rampung sejak 2017 itu. Proses penelitiannya sendiri butuh waktu sekitar lima bulan. Saat ini, para peneliti LIPI terus bekerja keras agar sepeda motor itu jauh lebih baik dalam berbagai hal.

Salah satu kekurangannya adalah dari segi jarak tempuh. Saat ini, dua tabung berisi hidrogen baru bisa digunakan menempuh jarak maksimal 1 kilometer. Sebab, tabung yang ada masih tergolong kecil.

Secara umum, jarak yang bisa ditempuh sebenarnya bisa lebih jauh. Tapi, itu akan sangat tergantung dari besarnya tabung dan hidrogen di dalamnya.

"Jadi ini tergantung tabung sama tekanannya (hidrogen)," jelas anggota tim peneliti Arifin Nur.

Sementara untuk bisa membuat sepeda motor itu, dibutuhkan dana untuk riset dan membeli berbagai perlengkapan hingga Rp24 juta. Itu di luar sepeda motornya sendiri loh.

Tapi, pembuatan sepeda motor berbahan bakar hidrogen itu bisa lebih murah dan tidak mencapai Rp 10 juta. Sebab, beberapa komponen bisa diganti dengan yang lebih murah. Untuk tabung hidrogen misalnya, bisa menggunakan tabung seharga Rp 600 ribuan. Sedangkan yang dipakai di sepeda motor di LIPI mencapai Rp 14 jutaan.

Gimana nih TemanBaik, tertarik enggak dengan sepeda motor itu? Sabar ya. Sebab, sepeda motor itu belum diproduksi massal. Doakan aja ya semoga penelitian itu nantinya bisa dikembangkan dan diproduksi massal oleh industri sepeda motor.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler