Mantap! Anak Desa di Bima NTB Dilatih Karate oleh TNI

Bandung - TemanBaik mau tahu potret kedekatan Tentara Nasional Indonesa (TNI)? Ada contoh keren di Desa Penapali, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Di sini, Babinsa Desa Penapali Serma H Furqon melatih karate bagi anak-anak desa setempat. Yang dilatih mulai dari anak SD, SMP, hingga SMA. Pelatihan dilakukan di desa setempat setiap senin dan sabtu.

Dandim 1608/Bima Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra mengatakan ada makna dan manfaat besar dari pelatihan karate itu. Yang paling utama jelas untuk menjaga kebugaran anak-anak.

Melalui pelatihan bela diri itu, anak-anak juga diajarkan untuk disiplin, bekerjasama dengan sesama, saling menghormati, hingga menolong sesama. Yang jelas, ditekankan bahwa kemampuan bela diri itu jangan dipakai sembarangan, apalagi untuk melukai.

Baca Ini Juga Yuk: Helikopter Buatan PTDI Siap Perkuat Pertahanan TNI AU

"Karate atau sejenis olahraga lainnya jangan dimaknai dengan hal-hal negatif. Namun harus dimaknai dengan positif," kata Bambang di laman resmi TNI.

Pelatihan karate juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan bersosialisasi anak-anak tersebut. Mereka juga dibangun untuk percaya diri dan berani. Harapan besarnya, kelak anak-anak itu akan memiliki kemampuan dan karakter positif saat dewasa.

"Karena setiap olahraga selain dapat membangun komunikasi sosial masyarakat juga sebagai proses awal anak-anak dalam membentuk karakternya untuk bangsa dan negara," tutur Bambang.

Foto: dokumentasi TNI

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler