6 Angkutan Umum Khas Indonesia yang Sudah Langka Ditemukan

Bandung - Indonesia adalah negara yang memiliki cukup banyak jenis angkutan umum. Namun, seiring waktu kendaraan-kendaraan tersebut mulai tergeser oleh tren kendaraan modern dan angkutan online. Di Hari Angkutan Nasional pada hari Rabu, 24 April ini, yuk kita cari tahu apa saja angkutan umum khas Indonesia yang saat ini sudah mulai langka ditemukan. 

Bajaj
Keberadaan bajaj saat ini bisa dibilang langka, walaupun tidak benar-benar ditinggalkan. Bajaj dianggap sangat kuat dan lebih mengakar budaya terutama bagi masyarakat Jakarta. Penggunaan mesin Piaggio membuat bajaj tidak lekang oleh waktu. Mesinnya yang kecil dan berisik ini cukup kuat dan awet, dan membuat keunikan tersendiri bagi kendaraan ini. 

Bemo
Bemo merupakan angkot sederhana yang memiliki kapasitas lebih kecil secara mesin maupun ruang. Namun tidak seperti angkot, uniknya bemo memiliki roda tiga menyerupai bajaj. Bemo cukup populer di tahun 1990-an, terutama di Kota Jakarta. 

Saat ini cukup sulit menemukan keberadaan bemo di kota-kota besar, namun kamu masih bisa menemukan kendaraan ini di sekitar Jakarta Selatan. Trayek yang kecil kerap menjadi alasan mengapa penumpang agak enggan untuk menggunakan kendaraan yang satu ini. 

Oplet
Oplet adalah angkutan yang terkenal lewat sinetron 'Si Doel Anak Sekolahan' dan kini menjadi transportasi yang amat langka. Bahkan bisa dibilang punah terutama di daerah Jakarta. Angkutan ini terakhir kali eksis sekitar tahun 1995. Oplet mungkin adalah kendaraan yang paling ikonik dari kota Jakarta. Konon kata oplet merupakan pelsetan dari nama asli vendor asalnya, yakni Chevrolet. Kemudian untuk memudahkan panggilannya diubah orang-orang menjadi oplet.

Becak
Becak merupakan angkutan umum yang saat ini juga cukup langka ditemukan di Indonesia. Mungkin kamu masih bisa menemukan becak di kota-kota kecil dan pedesaan di Indonesia. Tapi jangan khawatir, TemanBaik masih bisa melihat dan menggunakan becak di Yogyakarta. Becak menjadi ikonik di kota wisata tersebut hingga saat ini. 

Helicak
Helicak adalah becak yang menyerupai helikopter, hal itu menjadi alasan mengapa kendaraan ini bernama helicak (helikopter-becak). Hal yang membedakan helicak dengan becak adalah mesinnya, helicak menggunakan motor yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga penarik helicak tidak perlu menggenjot. Sayangnya, pada tahun 1990-an, helicak mulai tergusur oleh mikrolet dan bus kota di kota-kota besar.

Kancil
Kancil adalah singkatan dari Kendaraan Niaga Cilik Irit Lincah, sesuai namanya kendaraan ini selain hemat juga serba bisa. Kancil adalah mobil dengan format SmartForTwo yang hemat. Kapasitas mesin kancil hanya 400 cc. Di awal kemunculan kancil, sering ada yang beranggapan kalau mobil yang juga ikut beronderdil Subaru tersebut akan menggantikan eksistensi bajaj. Saat ini, kancil sudah langka ditemukan.

Foto: Istimewa
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler