Tradisi 30 Tahun Pemkot Bandung Jelang Ramadan, Mau Tahu?

Bandung - TemanBaik sudah tahu belum jika Pemkot Bandung punya tradisi unik menjelang Ramadan setiap tahunnya? Tradisi ini bahkan sudah berlangsung selama 30 tahun.

Tradisi itu adalah kegiatan Mimbar Duafa. Pelaksanaannya biasanya dilakukan beberapa hari menjelang Ramadan. Untuk tahun ini, Mimbar Duafa digelar di Pendopo Kota Bandung pada Rabu (24/4/2019).

Kegiatan utamanya adalah pemberian santunan bagi 1.000 kaum duafa. Selain itu, ada pernikahan massal juga loh. Untuk nikah massal hari ini, pesertanya ada delapan pasangan yang mayoritas disabilitas.

Uniknya, sebelum nikah massal dilakukan, para pengantin dibawa konvoi lebih dulu dengan menggunakan mobil VW alias Volkswagen. Sedangkan akad nikah dan resepsinya dilakukan di Pendopo Kota Bandung.

Wali Kota Bandung Oded M Danial pun memberi apresiasi atas penyelenggaraan Mimbar Duafa. Sebab, kegiatan itu tidak memakai anggaran milik pemerintah loh. Semua dananya berasal dari pihak swasta dan sponsor.

"Ini luar biasa, selama panitia 30 kali melaksanakan acara ini tanpa meminta (dana) kepada pemerintah. Ini betul-betul hasil daripada kerja mereka (panitia), mereka mencari donatur," ujar Oded.

Ia berharap Mimbar Duafa bisa terus dilaksanakan setiap tahun sebagai tradisi rutin jelang Ramadan. Bahkan, ia sangat senang jika kegiatan itu terus digelar di Pendopo Kota Bandung yang merupakan rumah dinasnya.

"Saya berharap acara ini setiap tahun dilaksanakan dan saya sangat welcome, silakan tahun depan dilaksankan di sini," ungkap Oded.

Menurutnya, Mimbar Duafa juga cerminan dari visi-misinya untuk membangun Bandung Agamis. Sebab, banyak pihak yang mau terlibat dan memberikan bantuan untuk pelaksanaan acara yang erat hubungannya dengan kegiatan keagamaan itu.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler