4 Strategi Ridwan Kamil Bikin Jabar Jadi Provinsi Berbasis Wisata

Bandung - Tahun 2019, Gubernur Jawa Barat sepakat untuk menjadikan Jabar sebagai provinsi yang berbasis wisata di Indonesia. Enggak cuma mencanangkan loh TemanBaik, Kang Emil juga melakukan banyak inovasi dan gebrakan di berbagai daerah yang punya potensi menjadi destinasi favorit.

Selain menjadi buruan dari para traveler, menurutnya sektor pariwisata Jabar juga bisa jadi kekuatan penting untuk mendongkrak perekonomian masyarakat. Kira - kira apa saja ya strategi jitu ala Ridwan Kamil buat pariwisata Jabar?

Menciptakan Suistanable Tourism
Menurut Emil, Jabar punya potensi alam yang terdiri dari gunung, rimba, lembah, air terjun hingga pantainya yang eksotis. Selain menghadirkan destinasi yang menarik buat para wisatawan, ia juga menciptakan sektor pariwisata yang indah, dijaga keasliannya dan punya keseimbangan lahir batin antara masyarakat dan lingkungannya.

Memperbaiki Akses Ke Potensi Wisata
Selain wisata yang namanya sudah dikenal, di Jabar juga masih banyak loh daya tarik anti mainstream atau yang belum dikenal oleh publik. Tantangannya, masih banyak tempat wisata yang aksesnya belum memadai. 

Untuk memberikan kenyaman buat para traveler, kini Pemprov Jabar lagi getol memperbaiki akses infrastuktur seperti jalan penghubung dan jembatan menuju lokasi. 

Perbaikan Sarana dan Penguatan Konsep Wisata
TemanBaik wajib tahu nih, saat ini Pemprov Jabar lagi menyulap sekitar 30 titik wisata terbaik di tatar sunda. Destinasinya berupa pegunungan, air terjun, pantai yang bakal disulap jadi wisata kelas dunia. Enggak tanggung nih, dana perbaikan ini mencapai Rp 500 Miliar loh.

Kata Kang Emil, wisata di Jabar sekarang mengikuti selera milenial. Untuk menarik perhatian wisatawan, setiap destinasi didesain ulang dengan dukungan spot selfie, serta mengandalkan imajinasi atau sifatnya tematik. Tujuannya sih biar TemanBaik betah berlama - lama sekaligus bisa mendapatkan foto yang Instagramable.

Merancang Kawasan Ekonomi Khusus
Di Jabar ada beberapa Kabupaten dan Kota yang dibidik jadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Selain punya potensi di bidang pariwisata, KEK juga harus punya potensi besar untuk dikembangkan sebagai pusat perekonomian masyarakat  hingga pemberdayaan masyarakat.

Nah saat ini ada dua daerah yang sudah siap menjadi pusat Kawasan Ekonomi Khusus adalah Pangandaran dan Sukabumi. Selain punya sumber daya alam yang dramatis, kedua daerah ini juga dianggap ideal loh buat dijadikan sebagai jalur perdagangan. 



Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler