Para Pedagang di Terminal Tegal Dapat Pelatihan Keterampilan

Pernah melihat pedagang asongan menjajakan barang jualannya di terminal atau tempat lainnya? TemanBaik mungkin sering melihatnya ketika pergi ke sekolah, kampus, atau kantor.

Nah, di Tegal, Jawa Tengah, para pengasong ini diberikan pelatihan keterampilan lainnya loh, agar mereka tidak terus-terusan menjadi penjual asongan sebagai profesinya sehari-hari.

Adalah Sekolah Terminal bersama Disnakerin Kota Tegal yang mengadakan pelatihan berupa potong rambut dan membuat aneka kue, yang dikhususkan bagi warga terminal.

Dilansir dari webiste jatengprov.go.id, Pengelola Sekolah Terminal Dr Yusqon mengatakan, pelatihan potong rambut dan membuat aneka jajanan diselenggarakan dalam rangka HUT Kota Tegal yang ke-439.

"Kegiatan itu dilakukan agar warga terminal, khususnya pengasong memiliki keterampilan lain yang bisa menjadi alternatif menambah penghasilan," katanya.

Oleh karena itu, Yusqon berharap, setelah diberikan pelatihan mereka terus mendapat pendampingan agar semakin mahir.

"Kami berharap ada tindak lanjut dari Disnakerin Kota Tegal untuk memberikan pelatihan. Mungkin produk mereka nantinya bisa ditaruh di sekitar Sekolah Terminal, sehingga para relawan (warga Terminal) juga dapat menambah pendapatan," bebernya.

Adapun salah satu pelaku IKM bernama Shinta Meilani menuturkan bahwa para perempuan yang kesehariannya pengasong turut dilatih untuk membuat aneka jajanan, seperti donat kentang, mufin gula merah, brownis kukus, dan pia roti.

"Jajanan tersebut banyak diminati konsumen, sehingga mereka bisa mengembangkan usahanya dengan menjual makanan kecil itu," jelasnya.


Foto: Dok. Jatengprov.go.id



Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler