Sambut Hari Tari Sedunia, ISI Surakarta Gelar Acara 24 Jam Menari

Menyambut World Dance Day atau Hari Tari Sedunia yang jatuh pada 29 April 2019, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta menggelar '24 Jam Menari'. Acara ke-13 kalinya ini digelar pada 29-30 April 2019 dari pukul 06.00-06.00 WIB di Kawasan Kampus ISI Surakarta.

'24 jam Menari' tahun ini bertema pepatah Jawa 'Urip Mawa Urup, Urip hanguripi' dengan tagar #GegaraMenari. Pepatah tersebut berarti 'Hidup dengan Semangat, Hidup Memberi Hidup'. Tema ini mencerminkan kalau dari awal, tari telah menjadi entitas yang menyatu dengan kehidupan masyarakat, hingga akhirnya tari juga mampu menghidupi masyarakat. Selain itu, tarian juga dapat membangun citra bangsa menjadi bangsa yang santun, beradab, mulia dan bermartabat. 

Tagar #GegaraMenari juga diharapkan mampu menjadi tagline dalam berbagai sosial media. Sehingga acara ini menarik bagi kalangan milenial, seperti yang kita tahu kalau pengguna aktif media sosial adalah para milenial. 


Acara tahunan yang rutin digelar sejak tahun 2006 ini bertujuan untuk memberikan ruang apresiasi berbagai macam bentuk seni yang terdapat di Indonesia. Mulai dari penari usia dini sampai dewasa, serta enggak menutup kemungkinan untuk para penari difabel. 

Lewat acara ini, berbagai kesenian rakyat, kesenian modern sampai kesenian ritual diharapkan dapat ditampilkan. Tahun ini, pengunjung dapat menikmati 600 jenis tari dari kurang leih 175 grup tari loh. Menampilkan tarian 24 jam nonstop yang terdiri dari 6 penari, masing-masing berasal dari Bali, Kalimantan, dan Jawa. Di mana penari melakukan tariannya selama 24 Jam. Hebat ya!

Beberapa negara juga ikut berkontribusi dalam acara ini, seperti Perancis, Philipina dan Australia. Pengunjung juga dapat menikmati Gelar Karya Tari Keraton, Gelar Karya Tari Empu yang dimeriahkan oleh penampilan Empu seperti Wied Senjayani yang dikenal sebagai tokoh penari balet, Wahyu Santoso Prabowo dengan tari Jawa khas gaya tari halus Surakarta.

Selain pertunjukan tari, acara ini juga dimeriahkan dengan kehadiran bazar kerajinan, kuliner, industri, wisata ritual tari dan pagelaran penutupan dan orasi budaya. Pada rangkaian Pra Event, pengunjung dapat menyaksikan Kegiatan Koreografi (MGMP) dan Workshop Tari dari 7 Perguruan Tinggi Seni Indonesia dengan tema 'Relung, Ranah dan Ruang'.

Seluruh kegiatan World Dance Day tersebut dapat kamu nikmati secara gratis loh! Asyik kan? TemanBaik yang belum ada acara, datang ke acara ini yuk!

Foto: ilustrasi dokumentasi beritabaik.id

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler