Puluhan Pemuda Asia Tenggara Kumpul di Bandung, Bahas Apa Ya?

TemanBaik, hari ini sebanyak 44 pemuda perwakilan dari negara-negara Asia Tenggara dan Timor Leste berkumpul di Kota Bandung loh, tepatnya di Ballroom Ibis Trans. Bahas apa sih mereka?

Mereka dikumpulkan untuk mengikuti lokakarya regional 'Youth Southeast Asian Leaders Iniviative (YSEALI) 2019 Empowering the Next Generation for Noncommunicable Disease Advocay and Grassroots Engangemeng (ENGAGE)'. Kegiatan ini digagas Kedutaan Besar Amerika di Jakarta dan RTI International.

Para pemimpin muda dari berbagai bidang di negaranya itu bertujuan meningkatkan kapasitas di bidang kesehatan masyarakat, terutama penyakit tidak menular dan kesehatan jiwa. Tujuan lainnya adalah mempererat hubungan baik dan jejaring sesama pemimpin muda di Asia Tenggara.

Selain itu, dari hasil kegiatan bakal dirancang dan diharapkan akan diterapkannya program-program kesehatan di negara masing-masing peserta. Keren kan, TemanBaik?

YSEALI sendiri secara keseluruhan memiliki anggota 140 ribu orang di berbagai negara Asia Tenggara. Berbagai kegiatan YSEALI diharapkan bisa memunculkan prakarsa, penguatan komunitas, hingga kerjasama antara para pemimpin muda di Asia Tenggara yang lebih kuat.

Sehingga, mereka bisa berkontribusi positif dalam menghadapi berbagai isu nasional, regional, dan global. Salah satu fokusnya adalah di bidang kesehatan masyarakat. Pemerintah Amerika Serikat pun hadir untuk memberi berbagai dorongan bagi eksistensi YSEALI.

"Dukungan pemerintah Amerika Serikat hadir untuk terus mendorong pemimpin muda untuk saling bekerja sama dan terus berkontribusi membangun masa depan, baik di ASEAN, Asia Tenggara, maupun seluruh wilayah Indo-Pasifik," kata Penasihat Urusan Publik Kedubes Amerika Serikat Jakarta Susan Shultz.

Sementara dalam rangkaian kegiatan di Bandung, para peserta akan mendapatkan sesi mentorship, diskusi dan seminar, hingga mengunjungi pusat kesehatan masyarakat (puskesmas). Lokasi yang akan dikunjungi adalah Puskesmas Kopo pada Selasa (30/4/2019).
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler