Keren! Warga Bandung Kompak Bersihkan Kota Jelang Ramadan

Bandung - Menyambut bulan suci Ramadan, ribuan warga Bandung kompak mengikuti aksi Bebersih Bandung pada Jumat (3/5/3019). Selain melibatkan petugas kebersihan, aksi ini juga diramaikan komunitas, ASN serta Tim Gober yang getol bersih - bersih sejak pukul 04.00 WIB subuh.

Di antara kerumunan warga, Wali Kota Bandung, Oded M Danial juga turut memimpin langsung pasukan 'Beberesih Bandung' di kawasan Alun-alun Bandung. Bahkan Oded sempat loh menggosok lantai di sekitar area Masjid Besar Bandung ditemani ribuan warga, relawan dan aparat pemerintah.

"Panitia mencatat kegiatan ini melibatkan 35.460 orang. Enggak sebatas seremonial, kegiatan ini juga harus menjadi budaya dan karakter warga Bandung yang mencintai kotanya. Bersih kotanya, hatinya bersih, bersih lahir dan batin harus menjadi cita-cita kita," ujar Oded di sela kegiatan Beresih Bandung.

Menurutnya, Beberesih Bandung enggak hanya sebatas menyambut datangnya bulan Ramadan saja loh . Namun gerakan ini bisa menjadi komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung untuk menggugah dan mengajak seluruh masyarakat buat menjaga kebersihan lingkungan.

"Mengapa Bebersih Bandung ini kita lakukan dan menjadi moto terdepan dari program Kota Bandung hari ini? Karena sebuah kota itu akan eksis membangun peradaban, ketika kebersihan itu hadir di semua kota," terangnya.

Ia juga bercita - cita, kegiatan jumat bersih juga kembali digalakkan agar aksi 'beberesih' ini menjadi rutinitas bagi masyarakat Bandung.

"Kita gerakkan kembali Jumat bersih. Ini enggak hanya membersihkan lingkungan secara fisik semata. Tapi juga jadi momentum untuk membersihkan psikologis dan spiritual. Kalau bersih lahir batin kita akan bekerja lebih baik. Tapi kalau kotor hatinya dari syirik dan dengki, tidak akan kita jadi bersih," ‎pungkasnya.

Sementara itu salah satu relawan dari Tim Gober bercerita, sejak subuh aksi bebersih sudah menyasar beberapa titik penting di Bandung, seperti di sepanjang Jalan Asia Afrika, Alun - Alun Bandung, Braga dan Cikapundung.

"Selain petugas, pelaksanaan Beberesih Bandung kali ini lebih masif karena keterlibatan ASN dan berbagai elemen masyarakat. Seperti di Asia afrika tepatnya di depan Prama Grand Preanger, sejumlah karyawan hotel, bank dan komunitas turut serta membersihkan jalan, pot hingga taman - taman," tukasnya.

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler