5 Fakta Menarik Seputar Profesi Bidan yang Jarang Orang Tahu

Bandung - Bidan adalah sebutan bagi seseorang yang membantu proses kelahiran bayi. Para bidan belajar di sekolah khusus untuk membantu persalinan, penyuluhan ibu hamil dan menyusui, serta menjaga kesehatan bayi dan balita. Setiap tanggal 5 Mei diperingati sebagai Hari Bidan Internasional loh! Tanggal ini ditetapkan sebagai Hari Bidan Sedunia oleh International Confederation of Midwives (ICM) pada akhir tahun 1980-an. Di Hari Bidan Sedunia ini, BeritaBaik mau kasih fakta-fakta menarik seputar bidan yang jarang orang tahu nih. Simak yuk TemanBaik!

Profesi Tertua di Dunia
Bidan adalah profesi tertua di dunia loh. Dalam naskah kono pra-sejarah yang ditemukan, dijelaskan kalau bidan dari Mesir berani mengambil risiko untuk membantu keselamatan bayi laki-laki bangsa Yahudi yang diperintahkan Firaun untuk dibunuh. Di masa Mesir Kuno tersebut, menunjukkan kalau bidan memiliki kasih sayang dan moral dalam melindungi bayi.

Profesi yang Mudah Dapat Pekerjaan
Bidan adalah profesi yang cukup mudah mendapatkan pekerjaan dibandingkan profesi lainnya loh. Hal ini dikarenakan saat ini profesi bidan cukup banyak diperlukan di Indonesia bahkan mungkin dunia. Jenjang pendidikan bidan juga ikut mengalami perkembangan secara pesat. Dimulai dengan berdirinya sekolah bidan dan menjadi pendidikan program bidan, kemudian berkembang menjadi Diploma Kebidanan, D IV Bidan Pendidikan, S1 Kebidanan, dan kini S2 Kebidanan.

Baca Ini Juga Yuk: Anak yang Biasa Bilingual Sejak Kecil Ternyata Lebih Fokus Loh

Punya Organisasi Profesi Bidan
Sama seperti dokter, perawat atau ahli gizi, bidan juga punya organisasi yakni Ikatan Bidan Indonesia (IBI). IBI hadir sejak tahun 1951 dan sampai tahun 2016 telah memiliki 215.571 anggota. IBI merupakan organisasi profesi bidan di Indonesia. Wadah bagi para bidan dalam mencapai tujuan melalui kebijakan peningkatan profesionalisme anggota guna menjamin masyarakat mendapatkan pelayanan berkualitas.

Bidan Hanya Profesi Wanita
Bidan adalah profesi yang diperuntukkan hanya bagi wanita loh. Ikatan Bidan Indonesia menyebutkan kalau bidan adalah seorang perempuan yang lulus dari pendidikan bidan yang diakui pemerintah dan organinasi profesi di wilayah negara Indonesia. Selain itu memliki kompetensi dan kualifikasi untuk diregister dan sertifikasi atau sah mendapatkan lisensi untuk menjalankan praktik kebinanan.

Bantu Persalinan Walau Belum Pernah Hamil
Bagi bidan yang baru lulus dari Politeknik Kesehatan atau Sekolah Tinggi, biasanya sih masih muda dan belum menikah. Tapi walaupun belum menikah dan bahkan belum merasakan hamil, mereka sudah boleh membantu konsultasi ibu hamil dan bersalin. Sebab, para calon bidan dididik untuk mampu membantu menolong persalinan.


Foto: Unsplash

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler