Yuk Cari Tahu Makanan Khas PON 2020 di Papua

Bandung - TemanBaik sudah tahu beleum kalau Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 mendatang akan digelar di Papua? Karena digelar di sana, tentu bakal ada ciri khas yang berkaitan erat dengan daerah setempat kan.

Nah, salah satu yang akan menjadi khas adalah bakal diupayakan kue sagu menjadi makanan utama saat pelaksanaan PON. Kenapa harus kue sagu?

"Kue sagu ini kan memiliki nilai gizi tinggi. Sehingga tak salah bila kami dorong dan harapannya bisa diterima semua pihak saat pelaksanaan PON nanti," kata Wakil Ketua Tim Penggeak Pembinaan dan Kesejahteraan Masyarakat (TP PKK) Papua Yolanda Tinal di laman resmi Pemprov Papua.

Untuk membuat kue sagu, bahan-bahan yang dipakai akan berasal dari Papua loh. Bahkan, pembuatan kuenya sendiri wajib melibatkan mama-mama asli Papua. "Karena apa, ini kan hajatan orang asli Papua. Sehingga ini harus menjadi agenda nasional yang melibatkan orang asli Papua," tuturnya.


Selain itu, Yolanda juga akan mendorong pemerintah provinsi, serta pemerintah kabupaten/kota untuk membentuk semacam koperasi. Koperasi itu nantinya akan jadi semacam tempat untuk menjual makanan hingga kerajinan asli Papua saat perhelatan PON.

Sementara untuk menyajikan produk yang berkualitas, PKK Papua berencana mendatangkan para ahli. Tujuannya untuk melatih orang asli Papua agar bisa menciptakan sesuatu dengan lebih baik.

Untuk mengolah sagu misalnya, akan didatangkan ahli masak dari Jepang yang dikenal pintar membuat kue. Begitu juga dengan produk lain, ahli dari luar negeri akan didatangkan PKK agar dapat dihasilkan produk bekualitas selama PON di Papua berlangsung.

Foto: Yolanda Tinal (dokumentasi Pemprov Papua)
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler