Mau Konsultasi Soal Zakat? Yuk Tanyakan ke Robot Rania

Bandung - TemanBaik pengin bayar zakat tapi belum paham caranya? Yuk kenalan sama Rania. Untuk menjawab semua pertanyaan soal zakat dan seluk-beluknya, Rumah Zakat menciptakan sosok robot cewek yang bisa menjawab semua pertanyaan donatur lewat teknologi artificial intelegence. Canggih kan?

Ya, saat ini robot Rania bisa kita jumpai lewat fanpage Facebook, telegram, hingga Line. Kalau ada pertanyaan mengenai zakat, TemanBaik cukup sapa Rania aja, lalu si robot cerdas ini bakal menjelaskan semua pertanyaan seperti layaknya jawaban dari customer service yang lazim dijumpai secara langsung.

"Rania salah satu inovasi layanan dari Rumah Zakat untuk semakin memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi donatur mendapatkan informasi, berkonsultasi, dan berdonasi di bulan suci Ramadan. Interaksi yang berbasis artificial intelegence ini bukan sekadar robot biasa, karena Rania bisa mendeteksi seluruh pertanyaan netizen termasuk attitude-nya," ujar CEO Rumah Zakat Nur Efendi kepada BeritaBaik, Senin (06/05/2019) di Bandung.


Kenapa harus diciptakan robot Rania? Menurut Nur Efendi, gaya konsultasi ini memang paling digandrungi milenial di era industri 4.0. Enggak harus mendatangi kantor RZ, enggak harus antre, dan tentunya bisa bertanya kapan dan di mana saja.

"Ini inovasi di bidang zakat kami di era 4.0. Teknologi ini juga inline dengan sebagian besar donatur kami yang saat ini yang lebih menyukai berzakat secara online. Apalagi di saat Ramadan seperti saat ini, jumlah donatur biasanya meningkat pesat dari hari biasa," rincinya.

Ia juga menceritakan, lewat Rania penyaluran zakat juga bisa dipantau donatur secara lebih transparan. Melalui aplikasi AI, masyarakat juga bisa mendapatkan informasi lebih jauh mengenai laporan keuangan dan kepatuhan syariah yang wajib dilaporkan RZ kepada para donaturnya.

"Meskipun banyak donatur yang namanya enggak mau dipublikasikan, sesuai dengan Undang-undang No 23/2011 tentang pengelolaan zakat, semua lembaga amil zakat harus bersedia diaudit syariat dan keuangan. Alhamdulillah laporan keuangan Rumah Zakat tahun 2018 kembali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke-13 kalinya," tutur Nur Efendi.
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler