Dishub Semarang Manfaatkan Teknologi Ini untuk Uji Kir Kendaraan

Semarang - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang memilih untuk memanfaatkan teknologi headlight tester robotic dalam melakukan uji kir kendaraan, khususnya pada lampu. Ini dilakukan untuk meningkatkan layanan pada masyarakat.

Alat yang dapat membaca kondisi semua jenis lampu kendaraan ini baru saja dikenalkan ketika Hari Jadi Kota Semarang ke-472 yang jatuh pada 2 Mei lalu.

Kepala Dishub Kota Semarang, Mukhammad Khadik mengatakan, headlight tester robotic didatangkan langsung dari Spanyol. Secara otomatis alat ini dapat mengecek kondisi lampu-lampu pada kendaraan.

"Lampu ini sangat vital digunakan oleh kendaraan, khususnya pada malam hari. Kondisinya harus memenuhi standar dan alat ini bisa mendeteksi secara langsung dan tidak bisa direkayasa," katanya di laman resmi semarangkota.go.id.

Baca Ini Juga Yuk: Keren! Semarang Punya Tempat Sampah yang Bisa Bicara

Selain memanfaatkan teknologi headlight tester robotic, Dishub Kota Semarang juga melaksanakan ketentuan peralatan yang digunakan untuk pengujian harus sudah dikalibrasi agar mendapatkan hasil pengukuran yang tepat.

"Kalibrasi peralatan pengujian atau pengukuran dalam uji kir yang ada saat ini akan habis September mendatang. Namun sudah dipersiapkan pengajuan sertifikasi untuk kalibrasi tahun 2019 dan 2020, karena masa berlakunya satu tahun," papar Mukhammad Khadik.

Khadik juga menjelaskan, pihaknya selalu mengecek 9 item untuk penandaan baik lampu, emisi gas buang, wiper, tekanan gas buang, dan lain sebagainya. Pemeriksaan item-item tersebut juga sudah menggunakan aplikasi yang hasilnya langsung tercatat di sistem server yang ada.

Dengan upaya-upaya yang telah dilakukan, terbukti berhasil mempercepat pelayanan kepada masyarakat. Dimana standar pelayanan dalam uji kir adalah 10 menit pemeriksaan dari awal sampai akhir sudah bisa selesai. Setiap hari rata-rata ada 300-400 kendaraan yang diuji.

Buat TemanBaik yang ada di wilayah Semarang, pendaftaran uji kir juga sudah bisa dilakukan secara daring loh. Ini dilakukan untuk mempermudah warga.

"Dishub Kota Semarang saat ini juga sedang merancang agar pengujian kelayakan kendaraan ini semakin profesional. Untuk ke depannya akan ada Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) khusus yang menangani pengujian kelayakan kendaraan," jelasnya.


Foto: Dok. Semarangkota.go.id



Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler