Asyik! September Ini BIJB Layani Penerbangan Umrah

Bandung - TemanBaik warga Jawa Barat ada yang mau beribadah umrah? Jika ada, kabar baik nih buat kamu. Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, siap melayani penerbangan untuk jemaah umrah.

Rencananya, operasional BIJB untuk pemberangkatan umrah akan dimulai pada September 2019 ini. Berbagai persiapan terus dilakukan loh agar rencana berjalan lancar.

"Kita akan mulai (penerbangan jemaah umrah) pasca musim haji selesai, sekitar September," kata Direktur PT BIJB Muhamad Singgih di Kota Bandung, Kamis (9/5/2019) malam.

Salah satu persiapan yang dilakukan adalah menuntaskan pembangunan runway yang sebelumnya 2.500 meter menjadi 3.000 meter. Runway itu tinggal menunggu keluarnya hasil sertifikasi yang akan selesai pada 20 Juni 2019.

Singgih optimistis sertifikasi tidak akan terkendala. Apalagi, dari hasil perbincangan dari pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub), runway sepanjang 3.000 meter itu tidak ada masalah.

"Untuk kelengkapan (runway) sudah dicek, diuji, diverifikasi, sudah dipublikasi juga. Tinggal nunggu proses penyelesaian (keluarnya sertifikat layak digunakan) saja," jelas Singgih.

Contoh persiapan lainnya, di BIJB disediakan tempat khusus di lantai III untuk menampung 3.000 jemaah yang akan berangkat sehari. Jika luas yang ada kurang memadai saat pelaksanaannya, lantai II juga siap digunakan loh.

BIJB sendiri dibuat senyaman mungkin dengan berbagai fasilitasnya. Bahkan, untuk musala saja ada sembilan titik, ditambah satu masjid yang cukup luas. Sehingga, hal itu diharapkan membuat nyaman jemaah umrah yang akan berangkat dari lokasi.

Untuk merealisasikan penerbangan umrah, PT BIJB mengumpulkan sekitar 60 pengusaha travel haji dan umrah. Berbagai masukan dari mereka pun ditampung dan diharapkan bisa direalisasikan.

Salah satu masukan adalah agar disediakan tempat transit bagi jemaah. Masukan lainnya adalah soal keinginan adanya fasilitas kesehatan 24 jam dan tiket penerbangan yang tidak memberatkan pihak penyelenggara umrah.

Dari segi potensi, BIJB sendiri dipandang cukup mumpuni untuk melayani penerbangan umrah. Sasaran jemaahnya adalah mereka yang berasal dari Jawa Barat bagian tengah ke timur, termasuk beberapa daerah di Jawa Tengah.

Jemaah umrah yang berangkat dari Jawa Barat sendiri banyak loh, TemanBaik. Dalam setahun, jumlahnya mencapai 300 ribu orang. Dari jumlah itu, setengahnya sangat potensial jika diberangkatkan dari BIJB. Sedangkan setengahnya lagi potensial diberangkatkan dari Cengkareng.

"Ini punya potensi kalau disinergikan," ucap Ketua Forum Komunikasi dan Silaturahmi Pengelola Travel Haji dan Umrah Wawan Ridwan.

Dukungan penuh pun diberikan Pemprov Jawa Barat. Upaya maksimal akan dilakukan loh. Salah satunya mempercepat pembangunan akses tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan). Harapannya, akses kendaraan darat ke BIJB akan lebih mudah dan cepat untuk memberi kenyamanan jemaah.

"Kita terus berupaya. Perkembangan sekarang sedang proses (penyelesaian) Cileunyi-Rancakalong, Rancakalong-Sumedang, dan Sumedang-Ciayumajakuning. Desember ini seksi I diharapkan selesai," jelas Sekda Jawa Barat Iwa Karniwa.

Jika Tol Cisumdawu rampung, pemberangkatan jemaah umrah dari BIJB diharapkan lebih maksimal tahun depan. Sehingga, bandara itu akan lebih 'hidup' dibanding saat ini yang tergolong masih sepi. Apalagi, Pemprov Jawa Barat juga berencana kelak memberangkatkan jemaah haji dari sana loh.


Foto dokumentasi BIJB

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler