5 Kegiatan Unik Saat Ramadan Ini Cuma Ada di Indonesia Loh

Bandung - Ramadan menjadi momen yang berkesan bagi umat Islam di dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Banyak kegiatan-kegiatan unik yang dilakukan masyarakat saat Ramadan di Indonesia. Menariknya, kegiatan ini kemungkinan enggak bakal kamu temukan di negara lain.

Jika memiliki kemiripan tentunya kesannya akan berbeda, iya kan? Berikut adalah lima kegiatan unik ketika Ramadan yang bisa kamu rasakan hanya di Indonesia loh!

Obrog-obrog
Obrog-obrog adalah tradisi unik membangunkan sahur saat Ramadan di Indonesia. Kegiatan obrog-obrog biasanya dilakukan anak-anak dan remaja membangunkan warga untuk sahur dengan memukul beduk berkeliling kampung sambil menyenandungkan lagu atau teriakan. Saat ini, mungkin tidak setiap kota atau daerah di Indonesia masih memiliki tradisi ini, kalau di tempat tinggal kamu gimana nih TemanBaik?

Sahur on The Road
Sahur on the road adalah kegiatan sosial membagikan makan sahur untuk kaum dhuafa yang ditemui di sepanjang jalan. Kegiatan ini memang positif, namun jangan sampai meninggalkan sejumlah sampah ya setelahnya!


Ngabuburit
Ngabuburit adalah istilah yang diambil dari Bahasa Sunda yaitu 'burit' yang berarti sore menjelang malam saat bulan Ramadan. Ngabuburit berarti melakukan kegiatan untuk menunggu waktu berbuka puasa. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat ngabuburit, seperti tadarus, membaca buku, memasak untuk buka puasa, menonton atau bertemu teman-teman.

Buka Bersama
Buka bersama alias bukber adalah kegiatan berbuka bersama teman-teman, keluarga atau sahabat. Biasanya buka bersama juga dijadikan momen reunian dengan teman-teman sekolah yang sudah lama tidak bertemu. Jadwal bukber kamu sudah padat belum nih TemanBaik?

Takjil Unik
Selain aneka es buah, es campur dan minuman segar lainnya sebagai takjil, Indonesia juga punya takjil yang khas nih, yang pasti bakal ada setiap Ramadan tiba. Ada yang bisa menebak? Takjil tersebut adalah kolak, jenisnya pun beragam. Ada kolak pisang, kolak labu, ada juga yang dicampur dengan candil dan ubi. Di beberapa masjid, takjil kolak juga kerap dibagikan secara gratis loh pada warga saat Ramadan.

Foto: Djuli Pamungkas
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler