Pernah 'Tertampar', Ganjar Pranowo Komitmen Peduli Disabilitas

Bandung - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ternyata pernah punya pengalaman khusus berkaitan dengan penyandang disabilitas loh, TemanBaik. Mau tahu pengalaman beliau? Yuk, simak ulasannya.

Ganjar mengaku pernah mengundang penyandang disabilitas tampil dalam pentas di Wisma Perdamaian. Tapi, tebak apa yang terjadi? Mereka tidak bisa naik panggung.

"Mereka tidak bisa naik ke panggung karena memang tidak ada aksesnya," kata Ganjar di laman resmi Pemprov Jawa Tengah.

Hal itu membuat Ganjar merasa 'ditampar'. Sebab, hal itu jadi bukti bahwa penyandang disabilitas belum mendapatkan akses memadai. Kondisi itu membuat Ganjar memiliki semangat tersendiri untuk menghadirkan akses publik ramah bagi mereka.

"Dari situ saya tergugah dan sadar bahwa masih banyak gedung perkantoran yang belum ramah difabel," ungkapnya.

Akhirnya, berbagai perbaikan infrastruktur pun dilakukan di Jawa Tengah loh agar aksesibel bagi penyandang disabilitas pada 2019. Mau tahu buktinya?

Yang teranyar, sejumlah bagian di Kompleks Kantor Gubernur disesuaikan dengan kebutuhan penyandang disabilitas. Salah satunya terdapat jalan khusus untuk disabilitas.

Area menuju lantai dua gedung juga terdapat jembatan khusus bagi disabilitas. Sehingga, jika mereka bertamu atau beraudiensi, mereka bisa melakukannya dengan nyaman.

Akses ramah disabilitas untuk fasilitas atau perkantoran pemerintah juga diharapkan dilakukan merata di Jawa Tengah, bukan hanya di area kantor Ganjar. Ia pun sudah menginstruksikan pejabat daerah kabupaten/kota se-Jawa Tengah untuk menyediakannya.

"Semoga semua 'kesetrum' dan ikut menyediakan sarana prasarana khusus bagi sahabat difabel. Beberapa daerah ada yang sudah menyediakan, namun ada juga yang masih belum," tuturnya.

"Semoga nanti bisa 100 persen. Sesuai komitmen bersama, bahwa di tahun 2019 semua gedung perkantoran di Jateng ramah bagi difabel," jelas Ganjar.


Foto dokumentasi Pemprov Jawa Tengah

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler