Sempurnakan Puasamu, Jangan Lupa Lakukan Ini Ya

Bandung - TemanBaik, enggak lengkap rasanya jika puasa dilakukan tanpa ibadah-ibadah lainnya. Biasanya, selama Ramadan, banyak umat muslim yang melaksanakan ibadah mengaji dan tarawih. Selain itu, biasanya ada kegiatan itiqaf pada hari-hari terakhir Ramadan.

Tapi, ada hal lain yang jangan sampai lupa loh TemanBaik, namanya zakat fitrah. Zakat ini wajib dikeluarkan oleh umat muslim yang digolongkan warga mampu secara ekonomi.

Zakat fitrah biasanya dikumpulkan dari warga oleh pengurus masjid hingga menjelang Idul Fitri. Selanjutnya, hasil yang terkumpul dari zakat bakal diserahkan kepada mereka yang berhak.

"Setelah kita melaksanakan ibadah (Ramadan) ini dari mulai puasanya, tarawihnya, baca Alqurannya, mari kita sempurnakan dengan zakat fitrah," kata Wali Kota Bandung Oded M Danial di Pendopo Kota Bandung, Rabu (15/5/2019).

Baca Ini Juga Yuk: Mau Konsultasi Soal Zakat? Yuk Tanyakan ke Robot Rania

Ia pun mengingatkan betapa pentingnya zakat fitrah. Sebab, selain kewajiban, memenuhi zakat fitrah adalah salah satu upaya menghadirkan kebahagiaan bagi mereka yang kurang mampu.

"Jangan sampai zakat fitrah ini (jika tidak dilaksanakan) menjadi sebuah ibadah yang akan mengurangi kesempurnaan ibadah di bulan Ramadan. Zakat fitrah mah penting," tutur Oded.

Ia kemudian mengajak warga agar zakat fitrah disalurkan ke tempat yang jelas, misalnya ke pengurus masjid di lokasi tempat tinggal, ke badan amil zakat daerah masing-masing, atau ke lembaga pengelola zakat. Dengan begitu, penyaluran zakat fitrah nantinya diharapkan akan tepat sasaran.

Gimana nih, TemanBaik sudah menyiapkan zakat fitrahnya? Enggak ada salahnya kan kamu menyiapkan uangnya dari sekarang. Sehingga, saat penerimaan zakat dibuka, kamu tinggal kasih deh zakat fitrahmu ke panitia. Daripada lupa, mending siap-siap dari sekarang kan!

Foto: Pexels

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler