5 Fakta Seputar Hari Kebangkitan Nasional

Bandung - Hari Kebangkitan Nasional diperingati setiap tanggal 20 Mei, yang ditandai dengan kelahiran organisasi Budi Utomo. Hari Kebangkitan Nasional juga menjadi momentum perjuangan seluruh rakyat Indonesia, loh! Yuk TemanBaik, kita kembali mengingat beberapa fakta-fakta hari bersejarah ini.

Kelahiran Organisasi Budi Utomo
Tanggal 20 Mei diambil dari kelahiran Organisasi Budi Utomo (Boedi Oetomo). Organisasi ini didirikan oleh para pelajar di School Tot Opleiding Van Inlands Artsen (STOVIA) pada tahun 1908. Bung Karno menilai kalau kelahiran Budi Utomo merupakan simbol yang tepat untuk menggambarkan bagaimana bangsa Indonesia mulai bangkit untuk melawan penjajahan.

Orang-orang di Balik Hari Kebangkitan Nasional
Kala itu, ada lima tokoh yang menyatakan kalau 20 Mei adalah Hari Kebangkitan Nasional. Salah satunya adalah Soewardi Soerjaningrat atau dikenal dengan nama Ki Hajar Dewantara yang saat itu sedang menjalani masa pembuangan di Belanda. 

Ia menulis artikel di Nederlandsch-Indie Oud & Nieuw terbitan tahun ketiga, 1918-1919. Di awal artikelnya, Ki Hajar Dewantara menulis: "Tanpa ragu kini saya berani menyatakan bahwa tanggal 20 Mei adalah Hari Indisch-nationaal (Indisch-nationale dag)."

Ditetapkan Pada Tahun 1959
Sejak tahun 1959, setiap tanggal 20 Mei ditetapkan sebagai Hari Kebangkitan Nasional atau disingkat Harkitnas. Hari ini telah ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia melalui Keputusan Presiden No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959 untuk memperingati peristiwa Kebangkitan Nasional Indonesia.   

Pertama Kali Dirayakan Tahun 1948
Meskipun baru ditetapkan pada tahun 1959, sebenarnya peringatan pertama kali Hari Kebangkitan Nasional telah dilakukan pada 1948 di Yogyakarta. Saat itu, Presiden menunjuk Ki Hajar Dewantara sebagai ketua panitianya. Melalui peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang pertama, Sukarno ingin merangkul semua pihak yang saat itu terpecah oleh partai politik, untuk bersama-sama melawan Belanda.

Simbol Persatuan Indonesia
Kebangkitan Nasional adalah masa di mana bangkitnya rasa dan semangat persatuan, kesatuan dan nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan negaranya. Oleh sebab itu, Hari Kebangkitan Nasional merupakan simbol persatuan sebuah negara. 


Foto: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler