Renovasi dan Rumah Baru Zohri Sudah Jadi, Ini Tampilannya

Bandung - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan rumah baru dan renovasi rumah lama untuk atlet Lalu Muhammad Zohri. Pria yang akrab disapa Zohri ini merupakan atlet yang berhasil menjadi juara di Kejuaraan Dunia Atlektik IAAF U-20 di Tampere, Finlandia. Baru-baru ini, Zohri juga berhasil memecahkan rekor lari 100 meter se-Asia Tenggara.

Selain melakukan renovasi terhadap rumah peninggalan orangtuanya, Kementerian PUPR juga membangun rumah baru untuk Zohri, tak jauh dari rumah lamanya di Desa Pemenang Barat, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Pembangunan renovasi dan rumah baru merupakan bentuk apresiasi pemerintah atas prestasi yang diraih Zohri. 

Renovasi mengikuti desain awal rumah orangtua Zohri, yakni pondasi batu kali menerus dengan sloof untuk konstruksi tahan gempa, serta konstruksi kayu kelas I finishing plitur Kalimantan. Renovasi meliputi penggantian dinding, atap dan lantai, serta tetap mempertahankan nuansa rumah sebelumnya. 

Kini rumah tersebut telah dilengkapi dengan lantai homogenus dan plafond triplek setebal 6 mm dengan genteng Pejaten dan tanki septik biofilter. Pelengkap lainnya adalah meubelair berupa lemari, kursi dan tempat tidur yang merupakan sumbangan dari Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI).


Rumah yang direnovasi berukuran 5x7 meter tersebut juga dilengkapi dengan satu kamar tidur, dapur kecil, kamar mandi, dan ruang tamu di bagian depan. Bentuknya hampir sama denga rumah lama Zohri yang belum direnovasi.

Sedangkan untuk pembangunan rumah baru Zohri dilakukan Kementerian PUPR bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, yang dibangun di atas lahan seluas 500 meter persegi di Dusun Telaga Wareng, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Lokasinya sendiri hanya berjarak sekitar 1,5 km dari rumah lama Zohri yang direnovasi.

Rumah tersebut dibangun dengan tipe bangunan seluas 60 meter persegi terdiri dari halaman depan dan samping, ruang tamu, dapur, toilet, dan tiga kamar tidur. Selain bangunan utama, juga dibangun bangunan pelengkap yang merupakan fasilitas mushala dan tempat olahraga.

Foto: pu.go.id
Belum Ada Komentar
Baca Lainnya
Berita Baik Terpopuler